Sabtu 20 Jan 2018 05:37 WIB

Kunci Medsos: Kebaikan, Kebenaran dan Nilai Manfaat

Meski meyakini tulisan akan membawa kebaikan namun perlu diuji kebenarannya.

Trainer dari Republika Penerbit, Syahruddin El Fikri mengisi pelatihan guru yang diadakan oleh SMP Cendekia Baznas, Bogor.
Foto: Dok SMP Cendekia Baznas
Trainer dari Republika Penerbit, Syahruddin El Fikri mengisi pelatihan guru yang diadakan oleh SMP Cendekia Baznas, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah vakum pada bulan Desember 2017 karena adanya ujian akhir semester, pelatihan bulanan bagi pendidik dan tenaga pendidik kembali diadakan Sekolah Cendekia Baznas.

Mengangkat tema “Optimalisasi Sosial Media sebagai Sarana Penyebar Kebaikan” pelatihan diadakan pada Jumat (19/1) di SMP Cendekia Baznas Bogor, Jawa Barat. Pelatihan dihadiri 17 perwakilan sekolah di kabupaten Bogor berlangsung menarik.

Antusiasime peserta mengenai tema pelatihan menyebabkan sesi tanya jawab bertambah menjadi tiga sesi. Pelatihan diawali dengan Kamaludin Ibrahim, guru Ilmu Sosial SMP Cendekia Baznas yang berbagi mengenai pengalamannya menulis di instagram. Kemudian, trainer dari Republika Penerbit, Syahrudin El Fikri, memberikan materi secara interaktif.

Diskusi mengenai media sosial yang banyak digunakan pendidik menjadi menarik. Pengetahuan untuk menimbang setiap tulisan dengan rumus dialektika Socrates adalah kunci bersama yang disepakati seluruh peserta.

Meski meyakini tulisan akan membawa kebaikan namun perlu diuji  kebenarannya. “Yakinkah kita ini tidak mengandung berita palsu? Setelah itu timbanglah apakah ada nilai manfaat tulisan ini bagi diri kita maupuan pembaca,” kata Syahruddin.

Tiga langkah ini mungkin belum banyak dipahami pendidik. Namun jika secara konsisten terus dilakukan, maka malpraktik informasi dari seorang pendidik, Insya Allah akan berkurang.

“Sebagai tindak lanjut pelatihan, komunitas peserta pelatihan dalam bentuk grupWhatsapp akan menjadi sarana berbagi dan mengimplementasikan pelatihan. Insya Allah,” ujar Syahruddin.

SMP Cendekia Baznas (SCB), berlokasi di Ahbabullah Center, Kampung Cirangkong, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, merupakan SMP bebas biaya, berasrama yang menerima 60 siswa puta dan putri setiap tahun. SCB didirikan dengan wakaf tanah dari Yayasan Siti Hajar Sudjai dan seluruh gedung waqaf dari Qatar Charity Indonesia.

Seluruh operasional sekolah dibiayai oleh Baznas. Saat ini SMP Cendekia Baznas sedang membuka pendaftaran sampai 29 Januari 2018. Informasi dapat diilihat di https://www.cendekiabaznas.sch.id/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement