Ahad 03 Dec 2017 00:06 WIB

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Juara Lomba Kantin Sehat

Kantin sehat SD Muhammadiyah Ketelan Surakarta.
Foto: Dok SDM Ketelan
Kantin sehat SD Muhammadiyah Ketelan Surakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta, Jawa Tengah, meraih penghargaan sebagai kantin sehat sekolah terbaik sebagai peringkat pertama se-Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Prestasi tersebut diraih oleh SD pendidikan karakter berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) itu  tepat di hari perayaan HUT PGRI ke-72. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Banjarsari yang berlangsung Senin-Jumat, 20-24 November 2017.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Sri Sayekti SPd, MPd mengatakan, penumbuhan pendidikan karakter di sekolah yang dipimpinnya begitu kental terasa. Mulai dari tersedianya tempat cuci tangan di kantin dan setiap sudut depan kelas. Tersedia juga tempat sampah yang terpisah antara organik dan nonorganik.

 Yang pasti, sekolah selalu mendorong kepada seluruh warga sekolah untuk bergotong royong menjaga kebersihan sekolah, baik pada  awal maupun akhir akhir pelajaran. 

''Semua berkat komunikasi dan sinergi yang baik antara sekolah dengan warga sekolah. Hingga para peserta didik, wali murid nyaman dan sangat terlayani dengan baik di kantin sehat ini dengan Standard Operating Procedur (SOP) yang telah ditetapkan. Dalam hal ini,  kami bekerja sama dengan UPT Puskesmas Stabelan, Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Kantor Ketahanan Pangan Kota dan Provinsi,'' ungkap Sri Sayekti dalam  rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (2/12).

Ia menambahkan, dengan sarana prasarana kantin yang representatif, sesuai dengan standar kesehatan, dan dipantau oleh dinas terkait terhadap makanan dan minuman yang dijual, kantin sekolah terus berbenah sebagai kantin terbaik yang pernah ada.

"Kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta, diadakan tidak hanya sebagai pelengkap sarana dan prasarana sekolah dan melayani kebutuhan siswa tetapi juga disiapkan sebagai tempat pembelajaran siswa,” ujarnya.

Lewat kantin sekolah, siswa dibangun dan ditumbuhkembangkan karakternya baik dari sisi religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. “Selain itu, kantin juga menjadi bagian dari literasi kesehatan, literasi data dan literasi finansial,''paparnya.

Maka, sambungnya, ketika lembaga pendidikan yang dipimpinnya mewakili Gugus untuk dilakukan penilaian kantin sehat, seluruh komponen dilibatkan untuk membenahi semua lini guna menciptakan sekolah dengan standar kantin sehat.

''Ketika kantin sekolah kami diikutsertakan oleh Gugus II sebagai satu-satunya perwakilan, segenap bagian dari civitas akademika SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mempersiapkan diri secara total, terarah, terukur, dan berkesinambungan,'' tandasnya.

Berikut pemenang lomba kantin sehat Kecamatan Banjarsari:  Juara I SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dengan nilai 97, Juara II SD Islam Al Firrdaus dengan nilai 93, Juara III SD Kristen Banjarsari dengan nilai 77, Harapan I SDN Bibiskalang nilai 74, dan harapan II SD Kristen Pangudi Luhur nilai 73. “Semoga menjadi motivasi bagi masing-masing pengelola kantin sekolah,” tutur Sri Sayekti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement