Senin 20 Nov 2017 21:15 WIB

2018, Dana Operasional PAUD Naik Jadi Rp 4 Triliun

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy
Foto: ROL/Abdul Kodir
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah menaikkan alokasi dana operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Rp 3,5 triliun pada 2017 menjadi Rp 4 triliun pada 2018. "Kami berharap semua pemangku kepentingan, lembaga pengelolaan PAUD dan khususnya kepala daerah, saya minta untuk ikut meningkatkan kepeduliannya merawat anak-anak kita yang menjadi modal masa depan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Mendikbud mengungkapkan hal itu saat menyampaikan laporan penyelenggaraan acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 di Kota Tangerang, Banten, Selasa. Dalam acara yang dihadiri Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufida Jusuf Kalla dan para istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), Muhadjir mengatakan peningkatan dana BOP sesuai Presiden Joko Widodo.

Pemerintah saat ini tahun 2017 mengalokasikan dana bantuan operasional pendidikan (BOP) di mana setiap anak akan mendapatkan Rp 600.000. Menurut dia, dana BOP itu tidak jauh berbeda dengan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS sebesar Rp 800.000 per siswa.

Dalam kesempatan itu Mendikbud menyatakan syukur dan bangga acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 dihadiri Ibu Negara. "Pemberian Penghargaan PAUD ini bertepatan dengan Hari Anak Universal pada 20 November. Seluruh dunia memperingati hari anak dalam rangka mempertegas komitmen negara-negara di dunia memperhatikan anak-anak," katanya. Kegiatan itu juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement