Senin 06 Nov 2017 13:56 WIB

Pentingnya Seminar Teknologi Dorong Inovasi Generasi Muda

uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA
Foto: dok.uhamka
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) terus berupaya meningkatkan kualitas di berbagai bidang agar menjadi fakultas unggul dan kompetitif. Dekan Fakultas Teknik Uhamka, Sugema mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas akademik dilakukan dengan menyelenggarakan seminar nasional Teknologi, Kualitas, dan Aplikasi (Teknoka-2). 

"Kegiatan ini diselenggarakan fakultas teknik dalam rangka melaksanakan Catur  Dharma Perguruan Tinggi dengan momentum peringatan Milad Muhammadiyah yang ke-105 dan Milad Uhamka yang ke-59," katanya, Ahad (5/11).

Seminar ini merupakan seminar nasional kedua dan menjadi kegiatan rutin setiap tahun sebagai sarana komunikasi para dosen, peneliti, dan pakar ilmiah. "Ini dilaksanakan guna meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan, serta penelitian dengan institusi yang terkait," ujar Sugema.

Seminar nasional Teknoka-2 mengangkat tema Inovasi dan Pendayagunaan Teknologi Untuk Indonesia Berkemajuan. Tema ini diusung dengan menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif generasi muda melalui inovasi dan pendayagunaan teknologi menuju generasi mandiri yang menguasai iptek untuk Indonesia. Seminar ini juga diharapkan menjadi wadah dan sarana komunikasi para dosen, peneliti dan mahasiswa untuk mendiskusikan, merumuskan dan mengimplementasikan hasil penelitiannya.

Topik yang dibahas di bidang teknik informatika, meliputi rekayasa perangkat lunak, grafika, sistem informasi, kecerdasan buatan, jaringan dan sekuriti, kriptografi, cloud computing, internet of things. Sedangkan di bidang teknik elektro, meliputi kontrol, telekomunikasi, elektronika, instrumentasi, energi, sensor, teknologinano, fabrikasidivais, rekayasa satelit dan teknologi optik.

Di bidang teknik mesin meliputi metalurgi dan material, konversi energi, desain produk, mekanika terapan, rekayasa otomotif, teknologi manufaktur, energi terbarukan, mekatronika, optimasi industri dan robotika.

"Diharapkan seminar ini dapat meningkatkan motivasi para dosen, peneliti, staf, dan mahasiswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan membangun komunikasi ilmiah yang lebih baik. Selain itu juga menciptakan suasana, atmosfir akademik yang lebih baik," kata Sugema.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement