Jumat 08 Sep 2017 11:32 WIB

KB-TK Bosowa Bina Insani Gelar Pelatihan Manasik Haji

Siswa KB-TK Bosowa Bina Insani mengikuti pelatihan manasik haji.
Foto: Dok SBBI
Siswa KB-TK Bosowa Bina Insani mengikuti pelatihan manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – KB-TK Bosowa Bina Insani menggelar pelatihan manasik haji bagi para siswanya.  Kegiatan tersebut diadakan di kampus Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI), Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/9). Pelatihan manasik haji itu dibuka secara resmi oleh Manajer Islamic Studies SBBI Dr M Sudrajat MPd.

“Pelatihan manasik haji ini sebagai bagian dari pendidikan karakter Islami yang ditekankan di KB-TK Bosowa Bina Insani. Ini sekaligus merupakan upaya sekolah memperkenalkan rukun Islam yang kelima, yakni haji,  kepada para siswa,” kata Sudrajat.

Sudrajat menambahkan, diharapkan melalui pelatihan manasik haji ini, para siswa  KB-TK Bosowa Bina Insani sedini mungkin mematri niat dalam hatinya untuk suatu hari menunaikan ibadah haji maupun umrah ke Tanah Suci. “Saat ini kalian latihan manasik haji di sekolah ini. Bapak doakan semoga kalian suatu hari nanti, cepat atau lambat, menunaikan ibadah haji maupun umrah ke Baitullah,” tutur Sudrajat.

Pada pelatihan manasik haji tersebut, seluruh siswa mengenakan pakaian ihram. Kegiatan mereka dimulai dari titik yang dinamakan miqat, yakni Bir Ali. Kemudian wukuf di Padang Arafah, melempar jumrah di Mina, tawaf memutari Ka’bah, shalat sunnah setelah tawaf di depan Ka’bah, minum air zam zam, sa’i, dan diakhiri dengan tahalul, yakni memotong ujung rambut, sebagai tanda selesai pelaksanaan manasik haji.

Kepala KB-TK Bosowa Bina Insani Femy Balti mengatakan, kegiatan pelatihan manasik haji itu didukung sepenuhnya oleh persatuan orang tua murid yang tergabung dalam Parents Association Bosowa Bina Insani (PABBI) KB-TK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement