Sabtu 05 Aug 2017 01:03 WIB

Rendah, Minat Baca Indonesia

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko
Membaca buku. Ilustrasi
Foto: Boldsky
Membaca buku. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sebagai upaya dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis di Indonesia, ASEAN Literary Festival digelar untuk keempat kalinya. Bertempat di Fatahilah Square, pada 3-6 Agustus 2017.

Festival ini menjadi ajang bagi masyarakat Indonesia untuk mempromosikan kebudayaan dan karya literatur khususnya di wilayah Asia Tenggara. Salah satu sesi diskusi pada hari kedua festival ini mengedepankan tema “Towards the Nation that Reads and Writes” yang diselenggarakan di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta. 

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD & Dikmas) Kemendikbud, Harris Iskandar mengatakan, meski angka melek huruf kita tinggi, namun minat baca dan daya baca kita masih rendah.

 "Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Central Connecticut State University terkait minat baca menempatkan Indonesia di posisi 60 dari 61 negara, setingkat di atas Botswana," katanya dalam siaran persnya, Jumat, (4/8). 

Hubungan buta huruf dengan kemiskinan sangat nyata. "Sampai saat ini kami masih berjuang untuk mengentaskan buta huruf di desa-desa dan kantong-kantong kemiskinan oleh karena itu gerakan literasi nasional oleh Kemendikbud harus terus-menerus digalakkan.” 

Global Business Unit Head for Consumer dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas untuk Brand Sidu, Sovan Ganguly mengatakan, pihaknya selalu aktif ikut acara ini. “Ini merupakan panggilan bagi kami untuk turut ambil bagian terkait perkembangan literasi di Indonesia. Kami hadir untuk mendukung program pemerintah dan segenap pihak terkait, guna mendorong masyarakat Indonesia mencintai kegiatan membaca dan menulis," kata Sovan.

 Peran Sidu, ujar dia, dalam pengembangan dunia literasi di Indonesia antara lain melalui penyediaan produk yang berkualitas dan menyenangkan, penyediaan platform atau kegiatan terkait literasi.

  Selain itu juga melakukan penyelenggaraan forum yang akan memantik minat membaca dan menulis masyarakat, khususnya generasi muda. Melalui kampanye “Ayo Menulis” yang saat ini tengah digalakkan, Sidu berharap dapat menggugah minat untuk belajar menulis di kalangan anak-anak Indonesia.

Kampanye “Ayo Menulis” sendiri memiliki program berskala nasional maupun internasional, yang diharapkan dapat mengasah kemampuan menulis anak melalui rangkaian acara berbentuk workshopdan kompetisi. 

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Ilza Mayuni menyatakan, membaca dan menulis adalah induk literasi. Gerakan literasi nasional oleh pemerintah tidak akan terwujud jika tidak ada kolaborasi antar elemen masyarakat. 

"Seluruh lapisan masyarakat perlu bekerja keras untuk membangun budaya literasi, termasuk penulis yang telah hadir di sini untuk memantik minat membaca masyarakat, maupun pihak swasta dalam penyediaan produknya,” katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement