Senin 17 Jul 2017 18:37 WIB

Mendikbud Minta Kepsek Tingkatkan Pengawasan pada Siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta kepala sekolah dan pimpinan bidang kesiswaan untuk meningkatkan pengawasan pada siswa khususnya pada saat musim pengenalan siswa baru dan sesudahnya. "Kami meminta pengawas, kepala sekolah khususnya bidang kesiswaan dan guru meningkatkan pengawasan, terutama pada musim pengenalan siswa baru, pada saat siswa senior sedang mengalami puncak kegairahan untuk mencari perhatian dan menunjukkan dominasi pada yuniornya," ujar Muhadjir Senin (17/7).

Muhadjir menjelaskan hasil penelusuran dari pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta, terjadi kasus perundungan di SMPN 273 Tanah Abang, Jakarta. Kasus perundungan tersebut direkam dan videonya menjadi viral di media sosial. Dia menjelaskan pihak kepala sekolah sudah diperiksa oleh kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. "Pelakunya juga sudah diamankan oleh aparat penegak hukum. Kemendikbud terus memantau, bagaimana status hukumnya nanti."

Disinggung apakah nanti, Kemendikbud akan memberikan "pembinaan" kepada pelaku, Muhadjir menjelaskan bahwa di setiap sekolah ada bimbingan konseling. Meski demikian, pihak Kemendikbud akan melihat dan mempertimbangkan sisi edukatifnya.

Sebelumnya, beredar video berdurasi 50 detik mengenai kekerasan yang dilakukan sejumlah anak berseragam SMP yang sedang mengelilingi satu siswi yang menggunakan seragam putih. Siswi berseragam putih tersebut tak melawan saat dijambak dan dipukul oleh siswa tersebut. Pihak kepolisian, menyebut peristiwa itu terjadi di Thamrin City pada Jumat (14/7).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement