Senin 10 Apr 2017 12:33 WIB

Pelaksanaan UNBK SMA di Kota Malang Dipantau CCTV

Rep: Christiyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah siswa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Sejumlah siswa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) SMA negeri di Kota Malang dipantau lewat CCTV. Pengamatan Republika.co.id di SMAN 4 Malang, setiap kelas di sekolah itu terpasang CCTV. Monitor pengawas berada di ruang kepala sekolah. 

Menurut Kepala Sekolah SMAN 4, Budi Prasetyo, sejak beberapa tahun terakhir sekolahnya sudah dipasang CCTV. "Hampir semua SMA negeri di Kota Malang sudah terpasang CCTV, selain untuk menjaga keamanan sekolah juga mengawasi kejujuran siswa dalam mengikuti UNBK," jelas Budi kepada Republika.co.id, Senin (10/4).

Dipasangnya CCTV memudahkan panitia UNBK di sekolah memantau kondisi setiap kelas. Siswa yang berlaku curang akan langsung terekam oleh CCTV. Di sekolah tersebut, sebanyak 313 siswa kelas XII mengikuti UNBK yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 10.30 WIB.

Sebanyak 180 unit komputer disiapkan bagi para peserta UNBK. Untuk mengantisipasi terjadinya mati listrik, SMAN 4 menyediakan tiga buah genset. UNBK dilaksanakan mulai hari ini hingga Kamis (13/4) mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement