Kamis 29 Sep 2016 13:58 WIB

Iriana Jokowi Berikan Penghargaan pada PAUD Tingkat Nasional

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah anak-anak dari perwakilan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti lomba mewarnai.
Foto: Antara/Arief Priyono
Sejumlah anak-anak dari perwakilan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti lomba mewarnai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan pada sosok-sosok yang berpartisipasi membuat dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin berkualitas. Penghargaan dengan sejumlah kategori tersebut diberikan oleh Iriana Jokowi (Joko Widodo) dalam acara Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Saya bangga pada perwakilan 34 provinsi yang hadir dan dapat penghargaan Anugerah PAUD. Ada seleksi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi," kata Iriana dalam sambutannya di TMII, Jakarta, Kamis (29/9).

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan, Anugerah PAUD merupakan bentuk penghargaan pada guru, ketua gugus dan bunda PAUD serta tokoh yang peduli dengan PAUD. Anugerah kali ini mengusung tema, Gerakan Nasional Paud Berkualitas: Memberikan Awal Terbaik Bagi Masa Depan Bangsa.

"Guru PAUD memiliki tanggung jawab sosial meningkatkan potensi tumbuh kembang  anak usia dini," jelasnya.

Penghargaan diberikan pada 15 Bunda PAUD provinsi, 31 Bunda Paud kabupeten/kota, 10 Bunda PAUD kecamatan dan 10 Bunda PAUD desa. Mereka dinilai berjasa dan peduli dalam mewujudkan Paud berkualitas.

Penghargaan juga diberikan pada lima organisasi mitra dan tujuh sosok peduli PAUD. Mereka juga dinilai memberikan akses dan kualitas PAUD, mengilhami keberadaan PAUD di kepulauan, pesisir, daerah terpencil dan semi kota yang padat penduduk.

Kemudian, penghargaan lainnya diberikan pada 27 guru PAUD berprestasi, 13 pemenang lomba cerita rakyar, 15 pemenang lomba lagu anak, 18 pemenang cerita anak elektronik dan 15 pemenang permainan mendidik. Serta penghargaan diberikan pada tujuh anak usia dini yang berprestasi sebagai penghafal Alquran, seni tari, lukis dan olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement