Rabu 10 Aug 2016 19:27 WIB

Ratusan Mahasiswa UI Ikuti Program Sahabat Inspirasiku

Wara Sri Handayani berdialog dengan Kepala Career Development Centre UI Sandra Fikawati usai memberikan materi seminar di UI, Depok (10/8).
Foto: istimewa
Wara Sri Handayani berdialog dengan Kepala Career Development Centre UI Sandra Fikawati usai memberikan materi seminar di UI, Depok (10/8).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kualitas hard skill (keilmuan) yang dimiliki lulusan perguruan tinggi dinilai sudah memenuhi kebutuhan dunia undustri, namun masalah soft skills (kerja sama, empati, pressure dalam bekerja) masih belum terpenuhi. Padahal dalam praktiknya, baik hard skill maupun soft skill harus seimbang.

Garuda Rosta berkolaborasi dengan GarudaFood Sehati mengadakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) program Sahabat Inspirasiku. Acara itu merupakan sebuah program sharing session yang diberikan oleh relawan GarudaFood Sehati, mulai level staf hingga level top manajemen kepada para siswa di sekolah dasar (SD) dan mahasiswa.

Dalam acara Career and Internship Seminar: Explore Your Potential Career Fields di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (10/8), Head of Human Capital GarudaFood GroupWara Sri Handayani memberikan pemahaman mengenai personal branding dengan judul Writing a Good CV, Make You Valuable to Get An Interview kepada ratusan mahasiswa UI tingkat akhir.

Menurut Wara, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaannya terhadap dunia pendidikan, khususnya pengenalan dunia industri di kalangan civitas akademika. “Ini merupakan kali kedua kami bekerja sama dengan Universitas Indonesia, kami harap dapat membantu para mahasiswa agar siap memasuki dunia industri," ujarnya.

Sejak dimulai pada 2014 hingga saat ini, kata Wara, program Sahabat Inspirasiku telah mengedukasi 8.598 peserta yang terdiri siswa SD, SMK, hingga mahasiswa S1 dan S2. Kegiatan tersebut sekaligus untuk menjawab fenomena saat ini dimana terdapat kesenjangan antara hard skill dan soft skill, bagaimana mereka dapat mencapai target jelas, strategi dalam penulisan CV dan apa saja yang harus dipersiapkan sejak duduk di bangku kuliah.

Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni UI Erwin Nurdin mengatakan seminar tersebut bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri menuju dunia kerja. Hal itu sejalan dengan program yang ada di Direktorat Pengembangan Karir UI, yang mulai memberikan pengertian serta arahan berkaitan dengan pengembangan karir, sejak mahasiswa memulai perkuliahan di semester awal.

"Oleh karena itu, materi yang disampaikan oleh GarudaFood Group ini tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa UI dalam menghadapi dunia kerja,” ujar Erwin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement