Kamis 21 Jul 2016 14:00 WIB

Pelajar Indonesia Raih Emas di IEYI Cina

Medali emas. Ilustrasi
Foto: mccarthyford.co
Medali emas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apresiasi tinggi pantas diberikan kepada lima pelajar Indonesia yang meraih emas dan special awards di ajang bergengsi International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang digelar di Harbin, Cina, pada 15-20 Juli 2016.

Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono, di Jakarta, Kamis (21/7), mengaku gembira atas capaian para peneliti remaja Indonesia yang merupakan binaan kompetisi ilmiah LIPI dengan tiga karya ilmiahnya berhasil menyabet satu medali emas, satu medali perak, dan sejumlah Special Award.

Sebelum keberangkatan mereka, Siti mengungkapkan, LIPI memberikan bimbingan dan arahan agar peserta memperoleh gambaran tentang kompetisi tersebut. Lebih lanjut Siti mengatakan keberhasilan lima pelajar ini menjadi indikator peningkatan kualitas peneliti remaja di Indonesia.

"Kita harus dapat terus meningkatkan kualitas peneliti remaja dengan kompetisi sejenis di Indonesia seperti National Young Inventor Award (NYIA), sehingga mereka nantinya akan terbiasa berkompetisi dan tertarik pada riset".

Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan prestasi yang diraih lima peneliti remaja tersebut dapat menyetimulasi remaja lainnya agar ikut berinovasi menciptakan penelitian yang berguna untuk masyarakat. Dan, akhirnya menciptakan bibit unggul peneliti Indonesia di masa depan.

Medali emas diraih atas karya inovasi berjudul D-box CC (Detector Box for CO and CO2) yang merupakan karya Aan Aria Nanda dan Feriawan Tan dari SMA Negeri 1 Tarakan, Kalimantan Utara. Keunggulan alat ini mampu mendeteksi kadar kandungan gas CO dan CO2 yang berbahaya bagi manusia.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement