Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Unair Terima 2.098 Pendaftar Jalur SNMPTN

Selasa 10 May 2016 09:56 WIB

Rep: Binti Solikah/ Red: Achmad Syalaby

Kampus Universitas Airlangga

Kampus Universitas Airlangga

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Penerimaan calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 9 Mei 2016. Melalui jalur tersebut Universitas Airlangga menerima sebanyak 2.098 calon mahasiswa baru jalur SNMPTN.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR, jumlah peminat yang menempatkan UNAIR sebagai pilihan pertama menurut program studi mencapai 32.220. Sedangkan, jumlah siswa pendaftar mencapai 18.993 orang. Dari jumlah siswa pendaftar, sebanyak 3.563 diantaranya pendaftar Bidikmisi.

Dari jalur Bidikmisi, jumlah calon mahasiswa yang berhasil diterima sebanyak 373 pendaftar. Artinya, sekitar 17,7 persen calon mahasiswa UNAIR jalur SNMPTN berasal dari kelompok Bidikmisi. Jumlah calon mahasiswa baru UNAIR dari jalur SNMPTN ini berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Wakil Rektor I Unair Djoko Santoso menyatakan, pemerataan calon mahasiswa UNAIR yang tersebar dari seluruh provinsi di Indonesia merupakan bentuk UNAIR mengakomodasi siswa pendaftar dari seluruh daerah.

“Kalau memang hanya mensyaratkan kualitas pendaftar, paling kita hanya menerima 10 sampai 20 sekolah menengah atas saja, padahal sekolah pendaftar mencapai ribuan. Ini menunjukkan bahwa UNAIR merupakan tempat siswa siswi seluruh Indonesia,” kata Djoko Santoso dalam siaran pers, Senin (9/5).

Djoko menambahkan, bagi pendaftar yang berhasil lolos jalur SNMPTN di UNAIR, pendaftar wajib melakukan tahap pra pendaftaran ulang dengan melakukan pengisian data secara lengkap dan benar. Data registrasi dan verifikasi administrasi yang diunggah antara lain, ijazah/surat keterangan lulus, akte kelahiran, surat keterangan RT/RW, fotokopi kartu susunan keluarga orang tua/wali mahasiswa, fotokopi SPPT PBB tahun terakhir, fotokopi pembayaran rekening listrik dua bulan terakhir, dan fotokopi penghasilan bruto pekerjaan orang tua/wali.

Unggahan dokumen dalam format PDF bisa dilakukan di laman regmaba.unair.ac.id mulai tanggal 11-17 Mei 2016. Calon mahasiswa baru jalur SNMPTN akan mendapatkan informasi perihal besaran tarif UKT setelah batas waktu unggah data tanggal 17 Mei 2016. Sedangkan, proses pendaftaran ulang baru bisa dilakukan pada tanggal 31 Mei 2016 bertepatan dengan tes tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pada tahun akademik 2016 ini UNAIR akan menerima mahasiswa baru sebanyak 5.225 orang. Berdasarkan presentase, kuota SNMPTN dijatah sekitar 40 persen, dari jalur SBMPTN menerima 30 persen, dan dari jalur Mandiri sekitar 30 persen.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA