Ahad 08 May 2016 19:30 WIB

5 Siswa dari 2 Sekolah di Bandung tak Lulus UN

Rep: C26/ Red: Achmad Syalaby
Suasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMAN 20, di Jl Citarum, Kota Bandung, Senin (4/4).
Foto: Dede Lukman Hakim
Suasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMAN 20, di Jl Citarum, Kota Bandung, Senin (4/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pengumuman kelulusan siswa siswi sekolah menengah atas (SMA) sederajat dilakukan secara serentak se-Indonesia pada Sabtu (7/5) kemarin. Termasuk di Kota Bandung.

 Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan sayangnya Kota Bandung tidak mendapat hasil sempurna atau 100 persen lulus. Berdasarkan laporan sementara ke Disdik Kota Bandung, ada dua sekolah yang telah melaporkan tidak lulusnya beberapa siswa mereka.

"Iya sayangnya tidak lulus seratus persen karena ada beberapa sekolah yang sudah lapor ada siswanya tidak lulus," kata Elih saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (8/5). Ia menyebutkan dari laporan pihak sekolah sementara yang telah disampaikan ke Disdik, sudah ada dua sekolah melaporkan siswanya yang tidak lulus. Yakni SMKN 12 Bandung dan SMAN 5 Bandung.

"Yang baru lapor tidak lulus itu SMKN 12 ada empat orang yang tidak lulus sama SMA 5 laporannya satu orang," tuturnya.

Ia mengatakan ketidaklulusan siswa tersebut dikarenakan rekam jejak siswa yang sudah buruk. Berdasarkan laporan dari sekolah, tingkat kehadiran para siswa tersebut dinilai sudah buruk. Tak hanya itu, ada pula siswa yang memang tidak mengikuti UN. Meski demikian, Elih mengatakan belum bisa menyampaikan secara rinci secara keseluruhan dengan pasti. Dia menjelaskan, proses rekap belum selesai dilakukan. Termasuk nilai UN tertinggi.

Menurut dia, masih banyak sekolah yang juga belum melaporkan hasil kelulusannya.  Sehingga pihaknya masih menunggu untuk mengabarkan secara lengkap."Kan pengumuman langsung dari sekolah. Disdik belum terima semua laporannya. Saya juga masih nunggu hasil olah teman-teman, nanti di-share," ujarnya.

Ia berharap tahun depan hasil kelulusan yang dicapai akan lebih baik. Faktor ketidaklulusan tahun ini diharap bisa menjadi cambuk agar siswa dengan giat mengejar masa depan mereka. Pengumuman kelulusan dilakukan oleh pihak sekolah kepada siswanya masing-masing. Hasil kelulusan ini bukan lagi hanya berdasarkan nilai UN saja. Melainkan juga dari ujian sekolah serta penilaian pihak sekolah.

Berdasaekan data Disdik, Kota Bandung memiliki 291 SMA se-derajat yang mengikuti UN 2016 lalu. Dengan total siswa yang mengikuti ujian sebanyak 38.513 orang. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement