Kamis 26 Nov 2015 07:48 WIB

Sawahlunto Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (2-Habis)

Para pengurus Forum Ilmiah Guru (FIG) Sawahlunto yang baru saja dibentuk, Sabtu (14/11).
Foto: Dok IB
Para pengurus Forum Ilmiah Guru (FIG) Sawahlunto yang baru saja dibentuk, Sabtu (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SAWAHLUNTO -- Kepala Bidang Dikmen Sawahlunto Supar mengatakan,  Forum Ilmiah Guru (FIG)  merupakan wadah bagi guru agar kemampuan profesionalnya terus meningkat terutama dalam hal pengembangan dan implementasi kurikulum,  melakukan penelitian, dan penerbitkan jurnal ilmiah.

Selain itu, FIG ini akan mempersatukan semua Kelompok Kerja Guru (KKG) mulai dari guru PAUD/TK, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.  Selama ini, kata Supar, tiap-tiap kelompok bekerja sendiri-sendiri, Musayawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) juga berjalan masing-masing.

“Sinergi yang dibangun melalui FIG akan memperkuat kolaborasi antar mata pelajaran, dan ini akan membuat pembelajaran lebih efektif dan lebih bermakna,”  ungkap Supar yang merupakan  penanggung jawab workshop “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum”  di Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (14/11),

Workshop ini juga menampilkan enam  orang guru sebagai pembicara dalam seminar karya ilmiah. Ini pertama kalinya kita mengadakan seminar seperti ini. Kami selama ini kesulitan untuk menampilkan karya ilmiah dalam forum-forum ilmiah sehingga kami kesulitan dalam memenuhi tuntutan profesi, ungkap beberapa orang perwakilan dari peserta,” kata Marwan.

Workshop ditutup dengan pencanangan Forum Ilmiah Guru sekaligus menetapkan formatur kepengurusan yang dalam waktu dekat akan menerbitkan Jurnal Ilmiah untuk mewadahi publikasi ilmiah karya guru-guru agar semakin profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement