Ahad 25 Oct 2015 22:15 WIB

Inilah 4 Kunci Sukses Masuk PTN

Suasana seminar motivasi yang diadakan pusat bimbel GO di kampus UI Depok, Ahad (25/10).
Foto: Irwan Kelana/Republika
Suasana seminar motivasi yang diadakan pusat bimbel GO di kampus UI Depok, Ahad (25/10).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Konsultan pendidikan dan motivator Yayan Ruswana mengemukakan ada empat kunci sukses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Baik baik jalur undangan  (SNMPTN) maupun jalur ujian tulis (SBMPTN).

“Kunci pertama adalah harus mempunyai visi yang jelas,” kata Yayan Ruswana pada seminar Meeting on Maximizing Motivation (M3)  bertajuk  ‘Key Success Factors for SNMPTN dan SBMPTN 2016’ yang digelar pusat bimbingan belajar Ganesha Operation (GO) di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Ahad (25/10).

Kunci kedua, kata pengajar matematika dan konsultan pendidikan itu adalah jalan  menuju cita-cita tersebut. “Kunci ketiga adalah tools tercepat untuk mencapai target tersebut. Sedangkan kunci keempat adalah terkait dengan pengelolaan waktu,” papar Yayan Ruswana.

Seminar tersebut merupakan rangkaian seminar M3  yang diadakan oleh GO dalam rangka mempersiapkan para siswanya agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Baik melalui SNMPTN (jalur undangan) maupun SBMPTN (jalur  ujian tertulis). Seminar itu diikuti siswa kelas XII dari berbagai SMA di Kota Depok dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement