Rabu 30 Sep 2015 15:39 WIB

Tunjangan Guru akan Disalurkan Melalui Tiga Bank BUMN

Rep: binti solikah/ Red: Taufik Rachman
Seorang guru mengajar di sebuah SMP.
Seorang guru mengajar di sebuah SMP.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bank Mandiri, BNI dan BRI menyediakan layanan perbankan untuk penyaluran  tunjangan guru. Penyaluran tunjangan guru bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), akan dilakukan secara berkelanjutan seusai penandatanganan nota kesepahaman antara Kemendikbud dengan tiga bank BUMN tersebut.

 

Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Penyediaan dan Penggunaan Jasa Perbankan dilakukan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, Direktur Bank BRI Kuswiyoto, Direktur BNI Adi Sulistyowati dan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, Rabu (30/9).

Sumarna Surapranata menyebutkan, sampai saat ini jumlah guru yang memiliki sertifikat pendidik sebanyak 1,58 juta guru. Dengan serfitikat tersebut guru berhak mendapatkan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok yang sudah dianggarkan oleh pemerintah.

Dengan banyaknya jumlah guru yang mendapat sertifikat pendidik, penyaluran tunjangan profesi bagi guru memerlukan bantuan mitra kerja. " Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan wujud dari penghargaan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada guru agar tunjangan profesi dapat diterima guru sebagaimana mestinya," terang Sumarna.

Bentuk kerjasama juga akan diperluas tidak hanya penyaluran tunjangan, melainkan penyaluran tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional dan subsidi peningkatan kualifikasi akademik kepada guru-guru yang akan meningkatkan kualifikasi akademik ke jenjang lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement