Selasa 18 Nov 2014 20:47 WIB

Mendikbud: Jangan Memandang Manusia Hanya Sebagai Alat Produksi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
Anies Baswedan
Foto: ROL/Casilda Amilah
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, ia tidak nyaman dengan istilah Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab ketika disebutkan kata SDM maka manusia hanya dipandang sebagai salah satu alat produksi.

"Lebih baik menggunakan kata pengembangan manusia. Sebab manusia tidak boleh hanya dipandang sebagai alat produksi," kata Anies, Selasa, (18/11).

Pendidikan jangan hanya dipandang sebagai alat untuk mempersiapkan anak menuju proses produksi. Di mana produksi selalu bicara optimisasi.

Perlu diluruskan kalau manusia itu bukan hanya alat produksi. Makanya sekarang laporan pembangunan tidak memakai istilah SDM tapi menggunakan istilah indeks perkembangan manusia.

Pendidikan, terang Anies, memainkan peran yang sangat penting dalam melakukan proyeksi perjalanan bangsa ke depan.

Indonesia perlu arah pembangunan nasional yang sesuai dengan arah perkembangan zaman. Pendidikan harus bisa mengantarkan anak-anak ke masa depan yang lebih baik.

"Sangat membahagiakan jika anak didik menengok ke belakang dan mengucapkan terima kasih karena diberi bekal oleh gurunya karena ia memiliki masa depan yang lebih baik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement