Kamis 25 Sep 2014 17:59 WIB

Kemdikbud: 30 Persen Desa Belum Terjangkau PAUD

Siswa sekolah PAUD.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Siswa sekolah PAUD.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekitar 30 persen dari 74.000 desa di Tanah Air belum terjangkau layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Saat ini juga terdapat sekitar 37 persen anak-anak usia 3-6 tahun juga belum menikmati layanan PAUD," ujar Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad, usai peresmian rujukan PAUD nasional di Jakarta, Kamis (25/9).

Untuk meningkatkan layanan jangkauan PAUD, sambung Hamid, melakukan upaya peningkatan melalui pembangunan dan rehabilitasi gedung PAUD, pemberian bantuan sarana belajar, peningkatan peran gugus PAUD, peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, serta penyusunan kurikulum yang mengacu pada standar PAUD.

"Jumlah PAUD di Tanah Air mencapai 178.720 unit. Di satu sisi kami senang, karena bertambahnya akses pendidikan. Tapi disisi lain kami prihatin, peningkatan jumlah PAUD tidak diiringi dengan peningkatan kualitas," jelas dia.

Untuk itu diperlukan suatu standar PAUD untuk menata kelembagaan secara menyeluruh. Standar tersebut baru diresmikan Mendikbud dua pekan lalu.

Pada hari yang sama, Kemdikbud meluncurkan TK Negeri Pembina Tingkat Nasional sebagai pusat rujukan PAUD nasional. "Mengapa kita membuat rujukan nasional, agar bisa menjadi referensi bagi PAUD lainnya. Minimal ada di setiap provinsi," terang Hamid.

TK rujukan tersebut harus bisa melaksanakan tiga misi yakni melaksanakan layanan paud secara holistik integratif yang meliputi layanan pendidikan, layanan gizi dan kesehatan, masalah perlindungan dari segala macam kekerasan psikis dan fisik.

Pembangunan PAUD 2011-2045, dapat dilakukan dengan empar tahap yakni tahap I (2011-2045) fokus pada perluasan dan pemerataan akses.

Tahap II (2016-2025) fokus pada penguatan mutu untuk mencapai standar nasional. Tahap III (2026-2035) dengan fokus pada penguatan mutu untuk mencapai standar internasional.

Tahap IV (2036-2045) merupakan tahap penguatan mutu untuk mencapai layanan paripurna dalam rangka menyiapkan generasi cerdas komperehensif.

Jumlah lembaga PAUD di Tanah Air mencapai 178.720 yang terdiri dari 76.457 TK/TKLB, 72.239 kelompok bermanin, 3.182 TPA, dan 26.842 satuan PAUD sejenis.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement