Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

SMAN 3 Yogyakarta Dialiri Listrik Panel Surya

Jumat 19 Sep 2014 17:45 WIB

Rep: Yulianingsih/ Red: Indah Wulandari

Panel Surya (ilustrasi)

Panel Surya (ilustrasi)

Foto: MATOA. ORG

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--PT Pertamina Persero dan PT PLN membuat pilot project Green School di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kedua perusahaan BUMN ini mendirikan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi pembelajaran di sekolah tersebut.

Peresmiannya dilakukan oleh Coorporate Secretary PT Pertamina Persero Nursatyo Argo disaksikan Wakil Komite SMA 3 Yogyakarta Anggito Abimanyu dan Kepala Sekolah setempat Dwi Rini Wulandari, Jumat (19/9).

"Sekolah-sekolah ini dibina untuk menggunakan energi terbarukan dan melakukan kegiatan ramah lingkungan seperti pengolahan sampah dan sebagainya," kata Nurstya Argo.

Ada 180 sekolah di seluruh Indonesia yang dibina dalam program tersebut. Namun dari sekian sekolah, baru SMAN 3 Yogyakarta yang disokong. Melalui langkah ini kata dia, pihaknya berharap para siswa dididik untuk lebih mencintai bumi dan bisa melakukan penghematan energi.

"Para siswa ini kan calon para pemimpin bangsa, kita berharap ke depan mereka bisa terus mengimplementasikan penggunaan energi lain selain minyak," katanya.

Wakil Komite SMAN 3 Yogyakarta, Anggito Abimanyu bangga sekolah ini mengadopsi energi terbarukan berkekuatan daya 1.000 watt. Masing-masing BUMN membangun satu lokal panel dengan daya 500 watt.

"Penggunaanya untuk pembelajaran dan penerangan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA