Senin 19 May 2014 11:32 WIB

Ujian Sekolah Berlangsung Lancar

Rep: c74/lintar satria/ Red: Damanhuri Zuhri
sejumlah siswa tengah mengikuti Ujian Sekolah yang digelar serentak Senin (19/5)
Foto: foto: damanhurizuhri/republika
sejumlah siswa tengah mengikuti Ujian Sekolah yang digelar serentak Senin (19/5)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Ujian Sekolah (US) bagi siswa Sekolah Dasar dan Ujian Madrasah (UM) hari ini dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia. Hari ini materi yang diujikan adalah Bahasa Indonesia.

SDN 1 Cibiluh, Bogor, Jawa Barat memberikan pengarahan sehabis ujian. Para guru memberikan pengarahan untuk hari Selasa mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika.

Rizky salah satu peserta UAN SDN 1 Cibiluh mengatakan "soal-soalnya sama, kayak kisi-kisi yang dikasih." Di hari pertama US dan UM, banyak orang tua siswa yang menjemput di depan gerbang sekolah.

Hari pertama Ujian Sekolah SD/MI di wilayah Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor sempat terkendala dengan kemacetan akibat pelebaran jalan raya Parung-Bogor.

Mudjijono, Kepala SDN Parung 2 terjebak dalam kemacetan saat pengambilan soal US hari pertama di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Parung. ''Saya terpaksa harus mengambil jalan tikus supaya tidak terlambat,'' ujarnya. 

Sebanyak 51 siswa SD Terpadu Bina Ilmu Parung Bogor, mengikuti Ujian Sekolah. Sebelum mengikuti ujian, terlebih dulu mereka melaksanakan shalat sunnah dhuha serta membaca ayat-ayat suci Alquran.

Ustaz Momon Abdurrahman, guru SD Terpadu Bina Ilmu memberikan pengarahan kepada para siswa. Mereka diharapkan tenang selama mengikuti ujian. ''Itulah sebabnya, kami mengajak para siswa melakukan shalat dhuha dan membaca Alquran,'' terang Ustaz Momon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement