Sabtu 03 May 2014 09:32 WIB

Unissula Bidik Sukses Ganda KRI Region Jawa Tengah- DIY

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Julkifli Marbun
Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Universitas Islam Sultang Agung (Unissula) Semarang memidik sukses ganda dari penyelenggaraan Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2014 regional Jawa Tengah dan DIY.

 

Sebagai tuan rumah, Unissula berharap mampu mengukir sukses dalam penyelenggaraan maupun dalam prestasi, pada kompetisi mulai tanggal 8 hingga 10 Mei 2014 nanti.

 

Wakil Rektor III Unissula, Sarjuni SAg MHum mengatakan pihaknya berharap dapat meraih sukses ganda, baik sebagai tuan rumah dan juga dalam prestasi pada kompetisi robotic ini.

 

“Menjadi tuan rumah KRI 2014 ini amanah. Jika sekaligus sukses dalam prestasi akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unissula,” jelasnya, di kampus Unissula, Jumat (2/5).

 

Bagi Unissula, tambah Sarjuni, kontes robot kali ini bukan saja sebagai ajang kreativitas mahasiswa namun juga menjadi tempat silaturahmi bagi 24 perguruan tinggi terbaik di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

 

Pelaksanaan KRI di Unissula ini nantinya akan menampilkan karya kreatif robotik dari lima divisi.

 

Masing-masing Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda dan Berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

 

Sebanyak 69 tim mahasiswa siap berjuang memperebutkan tiket kontes serupa di tingkat nasional yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 18 hingga 22 Juni 2014 nanti.

 

“Khususnya pada Divisi KRAI, juara pertama di tingkat nasional tersebut akan mewakili Indonesia dalam ABU Robocon 2014 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2014 di Pune, India,” tegasnya.

 

Sementaraa itu, bagi peserta yang telah dinyatakan Dikti lolos ke KRI tingkat regional, tambah Sarjuni, dapat mendaftar secara online dengan mengakses: kri2014.unissula.ac.id

 

Begitu pula bagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan pertandingan. "Masyarakat bisa reservasi tiket melalui website ini,” tambah ketua pelaksana, Dr Sri Arttini Dwi P MSi.

 

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula ini menambahkan, kontes robot kali ini telah menyedot minat dari berbagai kalangan.

 

Bukan hanya dari perguruan tinggi namun juga siswa siswa SMA untuk melihat langsung Kontes Robot yang akan dilaksanakan di GOR Jatidiri Semarang ini.

 

“Oleh karena itu Unissula berinisiatif untuk mensosialisasikan event akbar ini ke sejumlah sekolah guna memudahkan pendaftaran kolektif,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement