Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Mau Kuliah? Ini Daftar Fakultas di UPH dan Keunggulannya

Rabu 10 Aug 2022 13:50 WIB

Red: Christiyaningsih

Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi jembatan meraih karier yang gemilang.

Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi jembatan meraih karier yang gemilang.

Foto: UPH
Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi jembatan meraih karier yang gemilang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menjadi seorang profesional dengan karier yang sukses, memerlukan banyak persiapan dalam waktu yang tidak singkat. Semua dimulai dari ketekunan dalam menempuh studi di masa sekolah hingga kuliah. Saat akan memulai pendidikan di perguruan tinggi, ada hal penting yang harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati, yaitu dalam memilih fakultas yang tepat dan sesuai dengan minat bakat.

Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu tentang universitas pilihan dengan beragam Fakultas dan keunggulannya. Salah satu universitas yang dapat dijadikan pilihan tepat adalah Universitas Pelita Harapan (UPH). UPH adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan 13 pilihan fakultas yang telah terbukti kualitasnya.

Baca Juga

Berdiri sejak tahun 1994, UPH memiliki lebih dari 43 ribu lulusan yang telah berkarya dalam berbagai bidang. Keunggulan UPH juga telah dibuktikan dengan terpilihnya UPH sebagai salah satu PTS terbaik 2022 versi QS Asia University Rankings. Segudang prestasi telah dibuktikan oleh mahasiswa, alumni, dan para dosen UPH, baik dalam skala nasional maupun internasional di antaranya meraih gelar Asia Young Designer of The Year di ajang Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020, Juara 1 Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition (ILMCC) 2022, dan lainnya.

Tentu ini menjadi nilai tambah yang akan membuat calon mahasiswa yakin untuk bergabung di UPH. Mahasiswa UPH akan diperlengkapi dengan kurikulum terbaik, jejaring luas, kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dan berprestasi, serta peluang menemukan karier impian.

Berikut 13 Fakultas UPH dengan lebih dari 30 program studi (Prodi) mulai jenjang Strata Satu (S1) hingga Strata Tiga (S3):

1. Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB)

FEB UPH memiliki dua prodi yaitu Akuntansi dan Manajemen dengan konsentrasi peminatan yang beragam. FEB juga memiliki program Dual Degree hasil kerja sama UPH dengan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) dan La Trobe University Australia (untuk prodi Akuntansi dan Manajemen), juga dengan University of Newcastle (khusus prodi Manajemen). Dilengkapi dengan keterampilan berstandar global, para mahasiswa FEB UPH dapat meraih karier impian seperti menjadi entrepreneur, akuntan, auditor, konsultan, analis, dan profesional di bidang bisnis lainnya.

2. Fakultas Sains & Teknologi (FaST)

FaST UPH menjadi pintu awal bagi calon mahasiswa yang ingin berkontribusi dalam perkembangan dunia melalui sains dan teknologi. Mahasiswa akan dilatih berinovasi dengan memilih salah satu dari enam prodi yang ada di UPH yaitu Matematika, Biologi, Teknologi Pangan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Di FaST UPH, calon mahasiswa dapat bergabung melalui Program Fast Track untuk mengambil S1 di UPH dan S2 di La Trobe University, Australia; hanya dalam kurun waktu lima tahun. Bagi calon mahasiswa yang ingin memiliki dua gelar S1 sekaligus, dapat memilih program Dual Degree Teknologi Pangan UPH dengan University of Newcastle, Australia.

3. Fakultas Desain/School of Design (SoD)

Di Fakultas Desain UPH, kreativitas dan potensi para mahasiswa akan diasah untuk menghasilkan karya desain yang fungsional, berdampak, membawa perubahan, dan memberi solusi terhadap kebutuhan masyarakat. Terdiri dari empat prodi pilihan yaitu Arsitektur, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mahasiswa Fakultas Desain UPH akan merasakan pengalaman kuliah dengan standar internasional, didukung oleh dosen-dosen kompeten, kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, dan fasilitas yang sangat lengkap.

4. Fakultas Pariwisata (FPar)

Mahasiswa Fakultas Pariwisata UPH akan mempelajari bagaimana caranya mengembangkan suatu tempat menjadi destinasi wisata pilihan wisatawan, serta menjadi profesional di industri perhotelan dan Food and Beverages (FnB). Fakultas ini memiliki dua prodi yaitu Manajemen Perhotelan dan Manajemen Usaha Perjalanan Wisata. Para mahasiswa juga dapat langsung praktik menggunakan berbagai fasilitas terbaik seperti Laboratorium Kitchen, Coffee Lab, Pastry, Bar, Restaurant, Laboratorium Hotel, Bus Simulation Lab, dan Front Office Lab.

5. Fakultas Musik/Conservatory of Music (CoM)

Fakultas Musik UPH akan membekali para mahasiswa dengan ilmu dan teori musik serta keterampilan praktis. Fakultas ini juga memiliki beragam peminatan yang dapat dipilih antara lain Pertunjukan Klasik, Pertunjukan Jazz & Pop, Sound Design & Music Production, Produksi & Manajemen Seni Pertunjukan, Pendidikan Musik, Terapi Musik, dan Komposisi Musik. Selain belajar di dalam kelas, para mahasiswa juga akan diberi banyak kesempatan untuk praktik langsung dalam beragam acara bergengsi, salah satunya di acara National Jazz Competition, acara tahunan untuk mencari musisi jazz muda yang melibatkan musisi Indonesia ternama seperti Indra Lesmana, Barry Likumahuwa, dan lainnya. 

6. Fakultas Hukum (FH)

FH UPH memperlengkapi para mahasiswa dengan keterampilan hukum, fasilitas lengkap, dosen-dosen yang kompeten, juga networking dengan berbagai firma hukum ternama di Indonesia. Mahasiswa FH UPH akan diasah kemampuannya untuk dapat memahami, memeriksa, merancang dokumen hukum dan peraturan, serta untuk menangani beragam permasalahan hukum. FH UPH juga selalu mendorong para mahasiswa untuk aktif mengikuti beragam kompetisi bergengsi, berskala nasional hingga internasional.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA