Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

UNM dan STIKI Malang Jajaki Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

Rabu 10 Aug 2022 09:19 WIB

Red: Christiyaningsih

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjajaki kerja sama dengan STIKI Malang di bidang pendidikan, khususnya dalam pertukaran mahasiswa.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjajaki kerja sama dengan STIKI Malang di bidang pendidikan, khususnya dalam pertukaran mahasiswa.

Foto: UNM
Pertukaran mahasiswa akan diikuti oleh mahasiswa semester 3 sampai semester 7

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjajaki kerja sama dengan STIKI Malang di bidang pendidikan, khususnya dalam pertukaran mahasiswa. Dipandu oleh dosen STIKI Malang Datik Setyoaji dan dihadiri oleh jajaran pimpinan dari STIKI Malang juga perwakilan dari UNM, kerja sama ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada Kamis (4/8/2022) lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua 1 STIKI Malang Daniel Rudiaman. Ia menyampaikan bahwa penjajakan kerja sama ini merupakan awal yang baik bagi hubungan kedua perguruan tinggi, terutama pada program pertukaran mahasiswa. 

Baca Juga

“Langkah ini menjadi awal yang baik untuk kerja sama bagi kedua perguruan tinggi, dimulai dari pertukaran mahasiswa. Tidak menutup kemungkinan nanti akan berkembang ke bidang lainnya,” kata Daniel dalam rilis yang diterima, Senin (8/8/2022). 

Wakil Rektor I Bidang Akademik UNM Nita Merlina menyambut baik atas penjajakan kerja sama ini. Ia mengatakan adanya kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak, sebab mahasiswa bisa saling mempelajari budaya kampus masing-masing.

“Kami sangat senang jika program ini dapat berjalan dengan baik. Hal ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa baik dari STIKI Malang maupun dari UNM untuk dapat mempelajari budaya pembelajaran di kampus masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga dapat mempelajari budaya di kampus tujuan berada,” ujar Nita dalam sambutannya. 

Ketua Program Studi (kaprodi) Sistem Informasi STIKI Malang Anita menjelaskan pertukaran mahasiswa ini akan berjalan dengan merekognisi mata kuliah menjadi 20 SKS. “Mahasiswa kami nantinya akan berkuliah di UNM dengan mendapatkan pembelajaran yang baik, seperti mata kuliah yang akan diterima di kampus sendiri. Sehingga kami dapat merekognisinya menjadi 20 SKS,” ujarnya. 

Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UNM Anton menjelaskan mengenai proses pembelajaran yang akan diterima oleh mahasiswa STIKI Malang saat berkuliah di UNM. “Di kampus UNM ini, kami sudah siap menerima mahasiswa dari kampus lain. Dari segi sarana prasarana hingga proses pembelajaran yang sesuai dengan penyesuaian kurikulum sesuai dengan program MBKM. Kami harapkan mata kuliah yang nantinya diterima dari kampus UNM dapat direkognisi 20 SKS oleh STIKI Malang,” kata Anton.

Sebagai informasi, kegiatan pertukaran mahasiswa ini akan diikuti oleh mahasiswa semester 3 sampai semester 7 baik dari STIKI Malang maupun dari Universitas Nusa Mandiri (UNM).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA