Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

21 Tahun Nusa Mandiri, Menuju Universitas yang Berkualitas dan Berinovasi

Senin 08 Aug 2022 19:22 WIB

Red: Hiru Muhammad

Universitas Nusa Mandiri atau UNM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus yang menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi, ekonomi dan bisnis.

Universitas Nusa Mandiri atau UNM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus yang menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi, ekonomi dan bisnis.

Foto: istimewa
Pertambahan usia bisa menjadi sebuah beban dan kecemasan atau menjadi peluang

Oleh

Prof. Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom - Rektor Universitas Nusa Mandiri

Baca Juga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Universitas Nusa Mandiri atau UNM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus yang menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi, ekonomi dan bisnis.  Tepat pada 8 Agustus 2022, Nusa Mandiri merayakan Dies Natalis yang ke-21. Pertambahan usia ini menjadi kesempatan pertambahan prestasi. Eksistensi UNM di masa depan, sangat tergantung dari kemanfaatannya seiring pertambahan waktu.

Pertambahan usia bisa menjadi sebuah beban dan kecemasan atau sebaliknya menjadikan kesempatan menangkap peluang. Keberadaan suatu kampus bisa berkembang lurus ke depan, tapi bisa juga meliuk ke segala arah, bahkan tidak tumbuh. Semua tergantung dari kualitas manfaat usia kita. Kalau bertambahnya usia, kita anggap sebagai kesempatan untuk tumbuh berkembang, maka tak ada jalan lain selain detik ke detik selalu berpikir dan bertindak cerdas menangkap peluang. 

Sejak berdiri pada 8 Agustus 2001 silam, ada tiga faktor yang dapat mendukung eksistensi UNM yaitu inspirasi, inovasi, dan integritas. Untuk tetap meraih kesuksesan ini, maka segenap civitas akademika UNM harus terus berupaya menjadi kampus yang berkualitas dan berinovasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis teknologi informasi.

Tahun ini Nusa Mandiri genap berusia tahun 21, selama 21 tahun pula Nusa Mandiri memberikan kontribusi terhadap pendidikan dan perkembangan IT di Indonesia. Sesuai dengan tagline, Nusa Mandiri “Jadi Sarjana?, Nusa Mandiri Tempatnya..!!” Nusa Mandiri terus berkiprah membangun negeri dan mencerdaskan anak-anak bangsa Indonesia. 

Secara ringkas banyak perkembangan yang telah terjadi di Nusa Mandiri. Sejak Nusa Mandiri berdiri pada Tahun 2003, Nusa Mandiri menyelenggarakan 2 (dua) Program Studi, yaitu Sistem Informasi (SI) dan Informatika (TI) dengan jenjang Sarjana (S1). Di tahun 2008 Nusa Mandiri membuka Program Studi jenjang Magister (S2) yaitu Program Studi Ilmu Komputer (IK).  Selanjutnya atas perjuangan bersama, Alhamdulillah Nusa Mandiri telah bertransformasi menjadi Universitas dengan menambahkan 4 (empat) Program Studi baru pada tanggal 5 April 2021. 

Nusa Mandiri mengalami perubahan bentuk dan nama perguruan tinggi yang sebelumnya STMIK Nusa Mandiri menjadi Universitas Nusa Mandiri atau UNM berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82/E/O/2021, tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri di Jakarta dan Akademi Pariwisata Tridaya di Jakarta, menjadi Universitas Nusa Mandiri di Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Indonesia Nusa Mandiri.

UNM mendapatkan penghargaan peringkat satu atas proses penggabungan perguruan tinggi tercepat di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Tahun 2021. Hal ini menunjukkan keseriusan UNM dalam menjamin keberlangsungan proses pelayanan terhadap mahasiswa dan stakeholder.

Saat ini, UNM memiliki 2 (dua) fakultas dan 7 (tujuh) program studi yang terdiri dari: Fakultas Teknologi Informasi (FTI) yang menaungi 4 (empat) Program Studi, yaitu: Program Studi Ilmu Komputer (S2), Informatika (S1), Sistem Informasi (S1) dan Sains Data (S1). Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang menaungi 3 (tiga) Program Studi, yaitu Program Studi Bisnis Digital (S1), Manajemen (S1) dan Perhotelan (D3). 

Rasa syukur saat ini, UNM telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Peringkat Akreditasi B (Baik Sekali) berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 828/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/IX/2021 pada tanggal 14 September 2021. Seluruh Program Studi di UNM telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan sebagian besar Prodi memiliki peringkat akreditasi B (Baik Sekali) pada tanggal 22 Juni 2021, diantaranya Program Studi Ilmu Komputer (S2), Informatika (S1) dan Sistem Informasi (S1). 

UNM terus berbenah untuk meningkatkan kinerja tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. UNM tercatat sebagai peringkat 121 (klaster utama) dalam Pemeringkatan berbasis kinerja penelitian dari 1977 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. UNM juga pernah tercatat sebagai peringkat Kedua PTS Top Skor 3 Kinerja Penelitian tertinggi Berdasarkan Klasterisasi PT Kategori Sekolah Tinggi. 

Selain itu, UNM terus berupaya memperbaiki peringkat yang saat ini berada di peringkat 90 afiliasi top versi (SINTA) (Kemristekdikti) dari 5.251 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, terdiri dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi kedinasan dan perguruan tinggi di bawah kementerian Agama. Sebagai wujud komitmen penyelenggaraan pembelajaran, UNM berhasil meraih Penghargaan Pelaporan PDDIKTI 100% dalam 4 Semester (2019- Semester Ganjil s/d 2020 Semester Genap). 

Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil meraih Penghargaan Perguruan Tinggi Penyelenggara Centra Vaksin COVID-19. Universitas Nusa Mandiri (UNM) juga aktif terlibat berhasil meraih Penghargaan Partisipasi Penanggulangan Bencana selama 2021. Pemeringkatan Nusa Mandiri mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2016: 1721, 2017: 901-1000, 2018: 364 dan terakhir di peringkat 266. 

Sejak pandemi hingga new normal UNM tetap berusaha melaksanakan semua kegiatan akademik maupun non akademik secara luring maupun daring, seperti tetap berkolaborasi dengan berbagai asosiasi dan perguruan tinggi lain serta menjadi host dan co-host pada beberapa conference international yang rutin dilaksanakan. Pada tahun ini, Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjadi penyelenggara 2022 International Conference on Information Technology Research and Innovation (ICITRI) yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 November 2022 nanti.  

Pada bidang kemahasiswaan, tercatat tidak sedikit mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang telah meraih prestasi, baik pada bidang olahraga dan kreativitas di masa pandemi maupun pasca pandemi. Prestasi Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) pada kurun waktu Januari-Juli 2022 (6 bulan terakhir), berhasil meraih juara pada kejuaraan Internasional Paku Bumi Open IX 2022 yang diwakilkan oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi, Prodi Informatika & Prodi Manajemen dengan meraih 5 medali emas pada bulan Februari 2022. 

Universitas Nusa Mandiri (UNM) juga berhasil meraih juara pada Kejurnas Papua Open 2022 virtual National Taekwondo Championship dengan meraih 9 medali, rinciannya, 1 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu, pada bulan Maret 2022. Dalam kegiatan olahraga juga berhasil diraih banyak prestasi dalam Kejurnas berkuda sampai bulan Juni tahun 2022. Total sudah ada 8 gelar juara yang didapat, dengan rincian, 5 kali juara 2, dan 3 kali Juara 3.

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) juga berhasli menjadi juara pada lomba photography tingkat nasional dan mendapat 8 gelar juara. Rinciannya, antara lain 3 kali juara 1, 5 kali juara 2, 2 kali juara 3. Di bidang akademik, juga tak ketinggalan, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil menerima pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). 

Tentu masih banyak prestasi mahasiswa UNM lainnya, dan kita senantiasa memberikan apresiasi penghargaan bagi mereka, dengan pemberian beasiswa kuliah. Wujud prestasi Kampus, Nusa Mandiri juga telah bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi di manca negara dalam rangka joint research, joint seminar, student exchange, studi lanjut, dengan  26 perguruan tinggi dari luar negeri.

Selain itu Nusa Mandiri juga bekerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka studi lanjut, seperti dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), Pemerintah Daerah Provinsi Banten, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.  

Dalam upaya meningkatkan pelayanan, kualitas pendidikan serta fasilitas pembelajaran di Nusa Mandiri, kami juga telah melakukan kerja sama dengan perusahaan dalam berbagai hal, seperti: 

1. Pemberian akses Internet 24 jam tanpa batas kuota bagi mahasiswa melalui jaringan Wi-Fi.id dan penyediaan infrastruktur IT dengan PT. Telekomunikasi Indonesia.

2. Pembayaran kuliah mahasiswa yang bekerja sama dengan PT. Finnet Indonesia, dalam hal ini pembayaran kuliah dapat dilakukan melalui seluruh gerai Alfa Group dan Indomaret. 

3. Pembayaran kuliah dan payroll system dengan PT. Bank Mandiri (Persero) dan Bank Central Asia (BCA). 

4. Penyediaan lisensi perangkat lunak dengan PT. Microsoft Indonesia. 

5. Pembukaan Cisco Networking Academy di Kampus Universitas Nusa Mandiri dengan Cisco.

6. Penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi dengan LSP Informatika dalam hal mewujudkan SDM TIK yang kompeten dan berbasis okupasi dengan cakupan mahasiswa, lulusan dan dosen.  

Untuk melayani para lulusan dan mendukung upaya pemerintah untuk menyediakan informasi dan peluang kerja, UNM juga menyediakan ruang berupa website resmi Nusa Mandiri Job Career & Internship Festival (JIF). Website tersebut, selain menyediakan beberapa lowongan kerja dari banyak perusahaan, juga menjadi Kegiatan rutin tahunan, sebagai wujud kontribusi UNM dalam menjembatani alumni, mahasiswa serta siswa/i SMA/Sederajat atau masyarakat umum, dalam memperoleh informasi karier atau tempat magang (internship) & juga OJT (On the Job Training) secara langsung, dalam bentuk bursa/pasar kerja dan internship.

Tentu perkembangan dinamis tersebut, perlu didukung dengan rencana strategis. Seperti di Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas dosen, seperti jumlah dosen berkualifikasi S3, dosen bersertifikat pendidik, memiliki jabatan guru besar dan jabatan lainnya, yang memiliki sertifikat kompetensi. Terjaganya rasio dosen tetap, terhadap jumlah dosen dan semakin banyak dosen yang menjadi anggota forum ilmiah nasional/internasional. Di sisi lain meningkatnya kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan juga harus dilakukan administrasi, pustakawan, laboran dan lain-lain, yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi.

Rencana strategis di bidang pembelajaran & kemahasiswaan dengan indikator utamanya bisa terlihat dari meningkatnya kualitas pembelajaran, terjaganya rasio jumlah dosen terhadap mahasiswa, Persentase yang tinggi akan ketersedian RPS dan bahan ajar pada setiap mata kuliah, Pelaksanaan evaluasi dan peninjauan kurikulum yang bermakna.

Selain itu, juga meningkatnya sarana prasarana pembelajaran, terwujudnya digital education dengan jumlah prodi yang menyelenggarakan kuliah daring dan jumlah mata kuliah yang menerapkan blended learning, secara konsisten meningkatkan kualitas pembelajaran, tersedianyan layanan kemahasiswaan di kampus, meningkatnya kualitas dan kuantitas serta keragaman mahasiswa. 

Lalu penekanan pada kuantitas juga sangatlah penting, karena menjadi hal krusial bagi PTS. Program pengenalan keunggulan kampus ke masyarakat dalam proses penerimaan mahasiswa yang profesional, mudah dan fleksibel dengan dukungan teknologi sudah diterapkan UNM. Mahasiswa juga terlibat penuh dan mendapatkan manfaat dari program merdeka belajar dan kampus merdeka.

Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan kompetisi, baik nasional dan internasional terus meningkat. Berprestasi dalam hibah program kreativitas mahasiswa. Meningkatnya kualitas dan kuantitas lulusan dengan persentase tinggi pada kelulusan tepat waktu dan memiliki daya saing lulusan yang tinggi. Mendorong untuk lebih banyak jumlah lulusan yang berwirausaha, bersertifikat kompetensi dan profesi, juga memiliki kompetensi bahasa asing, sehingga mendorong tingginya persentase penyerapan lulusan dalam dunia kerja maupun usaha.

Di bidang inovasi program kerja, ditujukan untuk meningkatkan kuantitas hasil inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Bisa terlihat dari jumlah perusahaan pemula berbasis teknologi yang tumbuh dari kampus.  Tersedia program inkubasi (startup) yang representatif. Peningkatan angka partisipasi mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam program kreativitas mahasiswa/program inovasi mahasiswa. Luaran berupa hasil teknologi tepat guna yang dihasilkan mahasiswa. Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam lomba inovasi dan kreativitas mahasiswa tingkat nasional maupun internasional.

UNM mengimplementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

MBKM yang dilaksanakan mulai tahun 2021 telah diikuti oleh Mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri. Sebanyak 156 mahasiswa yang lolos pada program pejuang muda, program bangkit, MSIB Studi independen, MSIB magang, magang ATR dan Magang PMMB. Selain mahasiswa, para dosen dari Universitas Nusa Mandiri juga mengikuti kegiatan tersebut dimana 9 dosen dari Universitas Nusa Mandiri telah lolos dalam beberapa program yaitu: kampus mengajar, dosen penggerak, MSIB dan DKM.  

UNM saat ini telah memiliki sasaran strategis dan indikator yang mengukur tingkat implementasi MBKM pada Renstra PT (Rencana Strategis Perguruan Tinggi). Upaya-upaya untuk memiliki seluruh sasaran strategis dan indikator yang lengkap terus diupayakan. Seluruh dokumen kurikulum telah sesuai dengan panduan kurikulum di Era Industri 4.0 yang menerapkan MBKM. UNM sendiri, juga telah memiliki unit penggerak MBKM. Kurikulum UNM telah memiliki bentuk pembelajaran luar prodi dengan jumlah SKS, setidaknya mencapai 20 SKS dan dilengkapi pedoman ekuivalensi SKS pada kegiatan MBKM. Bahkan, upaya terus dilakukan dengan telah ditambahkan dan dikembangkannya dokumen standar mutu yang mendukung implementasi MBKM. 

Universitas-universitas terbaik di dunia, memiliki eksistensi dari dulu hingga sekarang. Mereka diuntungkan oleh orang-orang yang ada di dalamnya, yang memanfaatkan pertambahan waktu dengan sangat baik dan sikap proaktif. 

UNM Menginspirasi

Seperti kampus lain yang memiliki ciri khas, maka UNM selalu berusaha menjadi inspirasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Inspirasi adalah fungsi dari kreativitas berpikir. UNM bisa menginspirasi dengan menumbuhkan kreativitas berpikir. Kondisi ini, akan tumbuh dan berkembang di lingkungan akademik kampus yang kondusif. Inspirasi memunculkan ide-ide yang menarik dan unik, menjadikan orang lain tertarik untuk mengembangkan lebih jauh. Inilah yang harus dimiliki yaitu kemampuan menginspirasi.

Integritas menjadi pilar penting dalam membangun sinergi UNM

Integritas mewujud dalam kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan komitmen harus menjadi ciri alumni UNM. Integritas menjadi pilar penting dalam membangun sinergi UNM dengan berbagai pihak. Integritas ini kemudian melahirkan kepercayaan, yang merupakan pilar penting modal sosial.

Inovasi menjadi kekuatan UNM untuk berperan di masyarakat

Inovasi dari UNM diharapkan akan terus bertambah seiring tumbuhnya semangat berinovasi dosen dan mahasiswa, dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Inovasi akan menjadi kekuatan UNM untuk berperan di masyarakat. Hal inilah yang akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat menjadi besar seperti sekarang ini, karena inovasi-inovasinya yang bermanfaat, baik untuk pemerintah, industri maupun masyarakat. 

UNM terus berupaya melakukan perbaikan di setiap bidang. Tentu saja rencana setiap bidang perlu sungguh-sungguh untuk diwujudkan.  Semangat Dies Natalis ke-21 dan peran serta seluruh civitas akademika dengan bersandar pada kualitas dan inovasi, UNM terus menghasilkan inspirasi dengan integritas yang kuat dan akan menghasilkan banyak inovasi dan berani menjawab tantangan “Membangun Bangsa Mandiri”.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA