Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

UKM Kompor UPI Bantu Masyarakat Peroleh Air Bersih

Rabu 17 Nov 2021 11:54 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

UKM Kompor UPI Bantu Masyarakat Peroleh Air Bersih

UKM Kompor UPI Bantu Masyarakat Peroleh Air Bersih

Foto: UKM Kompor UPI
Bangun sistem Hidram, sistem PJU dan sistem distribusi air.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--UKM Kompor (Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika) UPI menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tepatnya di desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga November 2021 ini.

Ketua UKM Kompor UPI Arief Khairi Irawan mengungkapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berawal dari keresahan masyarakat mengenai sulitnya mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Serta penerangan jalan yang kurang memadai. ''Melihat kondisi geografi yang sulit untuk dijangkau tersebut, UKM Kompor memutuskan untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah itu,'' tandas Arief dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (17/11).

Dikatakan Arief, Tim UKM Kompor dibimbing dan dipimpin oleh tiga dosen yang diketuai Dr. Dadi Rusdiana, M.Si. Juga Dr. H. R. Aam Hamdani, M.T., M.Kom. dan Wawan Purnama, S.Pd., M.Si. Kegiatan ini merupakan pengabdian tahun kedua  desa binaan yang dijalankan beserta dosen peneliti. ''Dari permasalahan yang ada di desa tersebut, Kompor UPI membuat pompa Hidram (Hydraulic Ram). Serta penerangan jalan menggunakan energi terbarukan dengan memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi,'' papar Arief.

Kemudian didistribusi ke rumah-rumah warga. Menurutnya, Pompa Hidram adalah pompa air yang bekerja menggunakan hentakan hidrolik air. Prinsip kerja pompa ini adalah menggunakan energi kinetik dari air yang mengalir. Aliran air secara teratur melewati katup, lalu tekanan dari air yang mengalir mendorong air untuk dibawa ke atas dan didistribusikan ke rumah warga sekitar.

Sedangkan untuk penerangan jalan umum memanfaatkan sinar matahari dengan menggunakan panel surya. ''Hal ini dikarenakan terbatasnya akses listrik pada daerah tersebut sehingga panel surya dijadikan sebagai alternatif pilihan. Panel surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic,'' papar salah satu anggota UKM Kompor, Ridwan. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk menyalakan lampu PJU (Penerangan Jalan Umum).

Ditambahkan Ridwan, dengan adanya sistem Hidram, sistem PJU dan sistem distribusi air ini diharapkan dapat memecahkan masalah pengadaan air bersih dan penerangan jalan di wilayah itu. Selain itu, solusi ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga di desa Sirnajaya dengan cara memanfaatkan air yang dihasilkan untuk ladang perkebunan warga sekitar.  ''Saat ini ketiga sistem tersebut sudah terpasang dan sedang digunakan oleh masyarakat,'' ungkap Ridwan.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA