Jumat 04 Dec 2020 01:41 WIB

Film Mahasiswa UMP Raih Juara Favorit FFMI 2020

Film berjudul Mbak Ayu ini terpilih sebagai film terfavorit dalam Ajang FFMI 2020.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Industri perfilman (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Industri perfilman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Film karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), meraih penghargaan di tingkat nasional. Film berjudul Mbak Ayu’ ini terpilih sebagai film terfavorit dalam Ajang Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2020.

''Film ini dimotori sepenuhnya oleh para mahasiswa yang aktif di UKM Teater Perisai UMP,'' jelas Mirza, mahasiswa FKIP yang menjadi sutradara film tersebut, Kamis (3/12).

Baca Juga

Dia menyebutkan, film Mbak Ayu bercerita tentang seorang sarjana lulusan program studi kependidikan yang memiliki dedikasi untuk mengajar anak-anak pesisir pantai Cilacap. Dengan keterbatasan yang ada, dia tetap bertekad mendidik anak-anak pesisir agar menjadi siswa yang pandai.

Menurutnya, dalam ajang FFMI  tersebut, seleksi film dilakukan melalui 3 tahapan. Yakni, seleksi administrasi yang diikuti 129 karya film dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Setelah lolos tahap ini, proses seleksi dilanjutkan dengan tahap kurasi dimana pada tahap ini hanya lolos 30 karya film. ''Setelah proses kurasi inilah, kemudian dipilih berbagai karya film yang menjadi juara di masing-masing kategori,'' katanya.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Efi Miftah Faridli mengatakan meskipun di tengah pandemi Covid-19, antusias mahasiswa untuk mengikuti lomba film tersebut cukup tinggi. ''Terbukti, totalitas mahasiswa sejak penyusunan naskah hingga proses editing gambar terlihat sangat tinggi,'' katanya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement