Jumat 14 Aug 2020 02:24 WIB

Fakultas Keolahragaan UNS Gelar Virtual Running

Virtual Running untuk memeriahkan Dies Natalis UNS dan HUT RI

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menggelar Virtual Running untuk memeriahkan Dies Natalis kedua sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI), Ahad (16/8).

Dekan FKOR UNS, Sapta Kunta menjelaskan, lari dipilih sebagai salah satu acara dalam Dies Natalis kedua FKOR karena olahraga tersebut dinilai murah, mudah, bisa dilakukan orang disemua usia, dan dapat disesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sapta Kunta menambahkan Virtual Running ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia sehat, mempersatukan seluruh elemen bangsa, dan untuk membudayakan semangat olahraga di tengah masyarakat.

Peserta yang akan mengikuti Virtual Running dapat mendaftarkan diri secara daring melalui google form yang telah dibagikan FKOR UNS. Saat mendaftarkan diri, peserta wajib mengisi data diri secara lengkap, mulai dari keterangan usia, tinggi badan, berat badan, denyut nadi, dan scan kartu pelajar/ mahasiswa/ KTP.

"Ada google form yang harus diisi, setelah diisi akan mendapatkan aplikasi JomRun. Nanti mereka tinggal lari sambil menghidupkan JomRun dan ada hasil dari data dirinya berlari apakah sudah mencapai 2,4 kilometer dan waktunya berapa," terang Sapta Kunta seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (12/8).

Saat mengikuti Virtual Running ini, FKOR UNS akan mendata dan memantau jarak peserta melalui aplikasi JomRun. Meski demikian, Sapta Kunta berharap peserta Virtual Running tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas. Dia berharap tidak ada peserta yang mengelabuhi panitia dengan berlari di jalanan menurun agar catatan waktunya menjadi lebih cepat.

Sapta Kunta menambahkan, sasaran peserta yang ditarget FKOR UNS beragam. FKOR membuka diri terhadap peserta dari seluruh kalangan, mulai dari pimpinan universitas, Dekanat FKOR UNS, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Menurutnya, Virtual Running dalam memperingati Dies Natalis kedua FKOR UNS tersebut mendapat tanggapan positif dari Rektor UNS, Jamal Wiwoho.

"Pak Rektor dan Bu Rektor mendukung dan ingin ikut sebagai peserta dalam Virtual Running. Pimpinan FKOR, semua pimpinan fakultas, dan Kaprodi, semua dosen, dan karyawan akan ikut dalam Virtual Running FKOR UNS yang pertama," imbuh Sapta Kunta.

Sebagai bentuk apresiasi, FKOR UNS telah menyiapkan hadiah menarik bagi peserta Virtual Running. Untuk juara pertama, FKOR UNS memberikan hadiah sebesar Rp 3 juta, juara kedua sebesar Rp 2 juta, juara ketiga sebesar Rp 1 juta, dan finalis 10 besar akan mendapatkan voucher pulsa sebesar Rp 100 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement