Rabu 12 Aug 2020 09:44 WIB

Produk Inovasi Mahasiswa Amikom Raih Hibah Kemendikbud

Deldv didirkan dengan prinsip tidak hanya sekadar berbisnis.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Deldv, produk inovasi mahasiswi Prodi Kewirausahaan Universitas Amikom Yogyakarta, meraih dana hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka berhasil mendapatkannya melalui Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2020.

Deldv didirkan dengan prinsip tidak hanya sekadar berbisnis. Prinsip inilah yang akan mendorong Deldv untuk memberikan kontribusi nyata yang berkelanjutan kepada masyarakat melalui inovasi bisnis busana.

Deldv merupakan merek produk busana lokal milik Devi Lestari. Berangkat dari kecintaan ke bidang busana sejak kecil, ia membangun sebuah merek lokal yang menyediakan produk-produk busana siap pakai maupun sesuai pesanan.

Bisnis itu dijalankan dengan turut membangun wirausaha berbasis wawasan sosial. Dibimbing Dosen Laksmindra Saptyawati, Deldv berusaha satukan inovasi dan empati dalam bisnis untuk membantu perempuan yang mengalami marjinalisasi pendidikan.

Masih banyaknya masalah itu mengantarkan Devi menjalankan inovasinya sekaligus mendorong perempuan lebih produktif dan mandiri menuju ekonomi yang lebih baik. Sehingga, generasi muda berani membangun usaha.

"Saya ingin merubah pola pikir anak muda agar tidak cuma mencari kerja, tapi juga bagaimana caranya berani membuka lapangan kerja bagi kaum marjinal," kata Devi melalui rilis yang diterima Republika, Rabu (12/8).

Keberhasilan Tim Deldv di KBMI tidak lepas dari dorongan Direktorat Kemahasiswaan Amikom agar mahasiswa berani jadi wirausaha pada usia muda. Kaprodi Kewirausahaan Suyatmi berpesan, agar mereka tidak berhenti mengejar prestasi.

"Bergerak dan menggerakkan untuk merubah lingkungan sekitar, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Suyatmi.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial, Emha Taufiq Luthfi, menyampaikan apresiasinya atas prestasi itu. Ia berpendapat, itu menandakan pula keberhasilan Amikom dalam mengembangkan kapasitas berpikir kreatif mahasiswa, dan dalam menangkap peluang.

"Hal itu perlu terus dioptimalkan, sehingga target 100 persen alumnus Prodi Kewirausahaan menjadi wirausaha sukses dapat terwujud," kata Emha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement