Rabu 10 Jun 2020 19:12 WIB

Unisba Siap Hadapi New Normal

Sejak sebelum masa pandemik, Unisba sudah melakukan pembelajaran secara online. 

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Unisba
Unisba

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Semua lembaga pendidikan, telah bersiap menghadapi new normal. Salah satunya, Unisba khususnya Fikom Unisba yang sudah sangat siap menghadapi era new normal. Karena, sejak sebelum masa pandemik, Unisba sebenarnya sudah melakukan pembelajaran secara online. 

"Saat pandemi datang, kemudian harus Work From Home (WFH) kami sudah terbiasa belajar secara online. Jadi, sekarang new normal, kami sudah lebih siap," ujar Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba), Ani Yuningsih, di acara Webinar Series #Seri2 ”Digital Public Relations Challenges In The New Normal Era”Sambut Milad Fikom Unisba ke 37, Rabu (10/6).

Ani menjelaskan, adaptasi pembelajaran new normal tersebut dengan pola pembelajaran yang baru. Namun, di Unisba hanya tinggal menjalankan saja karena sudah memiliki learning management system.

"Pembelajarannya, kami sesuaikan dengan media yang d gunakan. Misalnya, ada video tapping, memberikan link pembelajaran, serta dosen-dosennya diberikan pembekalan khusus dan tutorial," katanya.

Sistem pembelajaran ini, kata dia, otomatis dilakukan di fakultas komunikasi. Jadi, adapatasinya lebih cepat. "Ide penelitian juga menggunakan tools secara online. Begitu juga dengan praktikum," katanya. 

Terkait kurikulum, menurut Ani, untuk mengubahnya tak bisa dilakukan secara mendadak. Jadi, yang bisa dilakukan adalah memasukan materi yang sangat dibutuhkan dalam konten mata kuliah.

"Misalnya, untuk mahasiswa public relation (PR) harus ada materi digital PR. Ini, kami masukkan diinsert dlm mata kuliah yang ada agar lulusan kami bisa memenuhi kebutuhan pasar saat terjun ke masyarakat," katanya.

Sementara itu, menurut Ani, dengan webinar ini, diharapkan dapat menemukan, mendiskusikan dan memformulasikan konsep dan bentuk baru dalam pengembangan ilmu komunikasi berbasis digital terutama di era The New Normal.

Kegiatan webinar, kata dia, diikuti sekitar 200 orang peserta dari berbagai latar belakang. Kegiatan ini, merupakan rangkaian kedua seminar ilmiah dari empat webinar series dengan topik dalam lingkup ilmu pengetahuan bidang Public Relations yang diselenggarakan secara online. 

Hal ini, sebagai langkah melaksanakan protokol kesehatan dalam pencegahan terjadinya penularan Covid-19, yang memudahkan diskusi ilmiah tanpa harus bertemu secara fisik sehingga narasumber, host, dan peserta pun bertemu di ruang publik pada aplikasi webinar.

Pembicara Utama pada webinar ini adalah Elba Damhuri (Head of Republika.co.id/Alumni Fikom Unisba) dengan membawakan materi “Tema Risiko Ekonomi Politik, Peran dan Prediksi Masa Depan Media” dan M. Zulkifli, S.Sos., M.Si. (Co-Founder ThoughtLeader Konsultan PR/Alumni Fikom Unisba) dengan membawakan materi “Dinamika Digital PR dan Implementasinya di Era New Normal”. 

Selain itu, Webinar ini juga menghadirkan berbagai narasumber lainnya, baik praktisi atau akademisi, yang berkompetensi dan ahli di bidangnya seperti Rita Nurita, S.Sos., M.I.Kom. (Pranata Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok/Alumni Fikom Unisba), Dr. Maman Suherman, M.Si. (Ketua Bidang Kajian Public Relations Fikom Unisba), Prof. Dr. Neni Yulianita, M.Si., (Akademisi Komunikasi/Trainer/Kepala Pusat Kajian Anti Korupsi LPPM Unisba), Dr. Nurrahmawati, M.Si. (Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unisba), Dr. Hj. Ani Yuningsih, M.Si. (Wakil Dekan I Fikom Unisba/Trainer), Dr. Tresna Wiwitan, M.Si. (Kabag Kominpro Unisba), Erik Setiawan, M.I.Kom. (Sekretaris Bidang Kajian Public Relations Fikom Unisba) dan M.E. Fuady, M.Si. (Dosen Fikom Unisba). Sementara itu, kegiatan ini dimoderatori oleh Riza Hernawati, M.Si. (Dosen Fikom Unisba).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement