Jumat 04 Oct 2019 23:27 WIB

Perpusnas Gandeng Pemprov Lampung Tingkatkan Minat Baca

Kerjasama Perpusnas dan Lampung untuk tingkatkan SDM.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.
Foto: Republika / Darmawan
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG – Perpustakaan Nasional (Perpunas) siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Sinergitas tersebut selaras dengan program pemerintah pusat dalam meningkatkan sumber daya manusia. 

Kepala Perpustakaan Nasional RI, M Syarif Bando, mengaku sangat mendukung upaya Pemprov Lampung dalam menumbuhkan minat baca masyarakat melalui APBN 2020. Syarif menjelaskan, alokasi anggaran Perpunas dalam APBN 2020 memang sangat rendah hanya Rp 1,2 triliun. 

Baca Juga

Akan tetapi, ujar dia, dengan anggaran tersebut Perpunas siap mengakomodir sarana dan prasarana yang dibutuhkan pemprov untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Lampung. 

"Pemprov Lampung bisa segera mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) dalam bentuk proposal kepada perpunas untuk nantinya ditindaklanjuti," ujar Syarif seusai memberikan pengarahan dalam kegiatan bimtek tenaga pengelolaan perpustakaan di Bandar Lampung, Jumat (4/10).

Dia mendorong agar Pemprov Lampung bisa mengusulkan proposal untuk kegiatan peningkatan sarana dan prasarana minat baca masyarakat pada Februari - Maret 2020. 

"Sehingga nantinya bisa segera dilakukan evaluasi dan pada September 2020 pelaksanaan sudah bisa dilaksanakan," ujarnya.  

Peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu program pemerintah pusat. Untuk itu, pemerintah daerah diminta dapat mengimplementasikan program tersebut dimasing-masing daerah, salah satunya dengan cara meningkatkan minat baca masyarakat dan memperbaiki sistem tata kelola perpustakaan. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan Provinsi Lampung, Ferynia, melalui Kabid Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Heriyansyah meminta kepada para pustakawan untuk dapat mengikuti bimtek dengan serius, sehingga seusai kegiatan tersebut bisa langsung diterapkan di masing-masing perpustakaan.  

"Kita harapkan para pustakawan yang mengikuti bimtek selama dua hari ini, nantinya bisa semakin meningkatkan manejemen dan tata kelola perpustakaan di tempat mereka bekerja," ujar Heriyansyah, Jumat (4/10). 

Mantan Kabag Humas dan Komunikasi Publik Pemprov Lampung ini, menyatakan kehadiran Kepala Perpusnas RI dapat memberikan semangat dan motiviasi kepada para pustakawan di Lampung, untuk selalu meningkatkan literasi masyarakat. n Mursalin Yasland

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement