Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Robot UNY Juara Dua Kontes Robot Tematik Indonesia

Selasa 25 Jun 2019 22:15 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

UNY ikuti Kompetisi Robot Indonesia.

UNY ikuti Kompetisi Robot Indonesia.

Foto: UNY
KRTMI merupakan divisi baru dalam kompetisi Kontes Robot Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Robot Abhinaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mencatat raihan gemilang. Mereka ke luar sebagai juara dua dalam Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) 2019.

Baca Juga

KRTMI merupakan divisi baru dalam kompetisi Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019. Kompetisi diselenggarakan Kemenristekdikti pada 20–23 Juni 2019 di Semarang.

Divisi KRTMI melombakan langsung pada tingkat nasioanl dengan mempertemukan 24 tim robot tematik dari perguruan tinggi berbeda. Robot tani yang harus selesaikan tiga misi menuju panen raya.

Dosen Pembimbing, Moh Khauirudin mengatakan, misi pertama robot berjalan menuju zona penanaman. Mereka harus membawa tiga batang bibit padi yang masing–masing bernilai 10 poin.

Setelah berhasil, robot melanjutkan misi untuk masuk dalam zona penyiangan. Mereka harus mencabut dua tanaman yang bernilai 15 poin per tanaman.

"Kemudian, robot melanjutkan misi dengan memasuki zona panen untuk memotong satu padi dengan nilai 30 poin," kata Khauirudin, Selasa (25/6).

Dalam semi final, Tim Robot Abhinaya bertemu Tim Penggalung dari Politeknik Negeri Ujung Padang, Tanoker_IR64 dari Politeknik Negeri Jember, dan Euro_01 dari Universitas Bhayangkara Surabaya.

Melawan Euro_01, pertandingan dimenangkan secara mutlak dengan skor 90 poin untuk Abhinaya. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Abhinaya ke babak final.

Dalam babak final, Abhinaya dihadapkan dengan Tanoker_IR64. Hasilnya, Tanoker_IR64 ke luar sebagai juara dan Abhinaya sukses menduduki peringat kedua.

"Saya apresiasi atas capaian Tim Abhinaya dalam kompetisi perdana divisi KRTMI pada KRI 2019 tersebut," ujar Khauirudin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA