Kamis 02 May 2019 17:05 WIB

Punya Gedung Baru, UI Perkuat Riset di Bidang Sosial Politik

Mochtar Riady Social & Political Research Center juga digunakan untuk perkuliahan.

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Seiring dengan perubahan dunia yang terjadi sangat cepat, Universitas Indonesia (UI) terus memperkuat riset di bidang sosial dan politik. Upaya berkelanjutan ini sejalan dengan misi UI untuk menjadi universitas riset terkemuka di kancah global. 

Untuk tujuan ini, UI telah menyiapkan gedung yang memadai sebagai pusat riset sosial dan politik, yakni Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Fisip UI) yang baru-baru ini pembangunannya telah selesai. 

Gedung yang diberi nama “Mochtar Riady Social & Political Research Center” tersebut diresmikan pada Kamis (2/5) bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Peresmian gedung seluas 5.184 meter persegi yang dibangun di atas lahan seluas 2.300 meter persegi tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan gedung oleh Mochtar Riady, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir, dan Rektor Universitas Indonesia, Prof Dr Muhammad Anis.

Proses pembangunan “Mochtar Riady Social & Political Research Center” ini dimulai tahun 2016 dan selesai pada bulan Maret 2019 sehingga dapat digunakan untuk kegiatan perkuliahan Tahun Akademik 2019/2020. Meski juga digunakan untuk perkuliahan, sesuai namanya gedung ini akan lebih banyak digunakan untuk kegiatan riset di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 

Mochtar Riady menyampaikan seiring dengan berkembangnya globalisasi, ilmu politik pun kian maju, menggarisbawahi pentingnya bagi Universitas Indonesia sebagai salah satu Universitas terkemuka di Indonesia untuk terus mengasah dan memiliki fasilitas terdepan guna mengembangkan program riset unggulannya, dimana kini juga mencakup bidang riset ilmu sosial dan politik. 

Mochtar memang telah menunjukkan kepedulian dan dedikasinya pada pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya pada Universitas Indonesia. Berawal dari Januari 2002, saat pendiri Lippo Group ini terpilih sebagai Ketua Wali Amanat Universitas Indonesia, ia telah mencanangkan tiga program riset unggulan UI, yakni Nanotechnology, Genome dan Information & Communication Technologies (ICT). 

“Sesungguhnya saya sangat berbahagia karena terus diberikan kesempatan untuk memberikan sumbangsih guna melayani masyarakat dan membangun bangsa Indonesia, khususnya bagi kemajuan pendidikan. Hanya dengan kontribusi seluruh masyarakat, Indonesia dapat terus berkembang dan maju," kata Mochtar dalam siaran persnya.

Saat ini, Fisip UI merupakan salah satu fakultas favorit di UI. Minat anak muda untuk menimba ilmu di fakultas ini cukup tinggi, terlihat dari antusiasme mahasiswa baru untuk mendaftar ke Fisip UI saat tahun ajaran baru. Peminat tidak saja datang dari Jakarta dan Pulau Jawa, tapi dari seluruh Tanah Air.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement