Jumat, 18 Syawwal 1440 / 21 Juni 2019

Jumat, 18 Syawwal 1440 / 21 Juni 2019

Di Kampus ini, Para Penghafal Alquran Bisa Kuliah Gratis

Senin 29 Apr 2019 23:45 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Membaca Alquran

Ilustrasi Membaca Alquran

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Para penghafal Alquran bisa berkuliah gratis hingga selesai.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU— Politeknik Raflesia Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menggratiskan biaya kuliah bagi calon mahasiswa baru khusus penghafal Alquran di daerah itu.

"Saat ini sudah ada satu calon mahasiswa baru yang hafiz Alquran 30 juz, dia akan kuliah di sini gratis sampai selesai," kata Direktur Poltek Raflesia Curup Surya Darminta di Rejang Lebong, Senin (29/4).

Baca Juga

Kebijakan kuliah gratis untuk penghafal Alquran di daerah tersebut, kata dia, guna menyukseskan program pembentukan Kabupaten Rejang Lebong sebagai kota relegius yang sedang dilaksanakan pemkab setempat.

Selain akan memberikan beasiswa kuliah gratis kepada penghafal Aquran, pihaknya juga memberikan beasiswa untuk kalangan mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dengan syarat menyertakan surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa atau kelurahan masing-masing.

Kalangan mahasiswa dari keluarga tidak mampu itu, kata dia, akan mendapatkan bantuan beasiswa dalam Program Bidik Misi yang diberikan pemerintah pusat, beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, maupun beasiswa dari Dikti.

Dia menjelaskan saat ini jumlah mahasiswa Poltek Raflesia Curup mencapai 800 orang, di mana mereka itu menimba ilmu pengetahuan di empat program studi.

Kalangan mahasiswa Poltek Raflesia itu berasal dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, dari kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu, serta dari kota/kabupaten provinsi lainnya, termasuk dari Jawa.

"Untuk tahun ajaran baru, Poltek Raflesia akan menambah satu jurusan baru, yakni teknologi informatika, saat ini untuk dosennya sudah kita siapkan. Target penerimaan mahasiswa baru kita pada lima jurusan ini sebanyak 400 orang," kata Surya Darminta.

 

 

   

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA