Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Robot UMM Jadi Tercepat di KRI Regional IV

Jumat 26 Apr 2019 08:31 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani

Tim Robotik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mempertahankan gelar //Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC)//, di Amerika Serikat, pada 13 hingga 15 April 2019 lalu. Raihan prestasi tersebut diraih oleh tiga tim kebanggaan UMM.

Tim Robotik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mempertahankan gelar //Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC)//, di Amerika Serikat, pada 13 hingga 15 April 2019 lalu. Raihan prestasi tersebut diraih oleh tiga tim kebanggaan UMM.

Foto: Humas UMM
Robot pemadan api “DOME” UMM akan ikut serta dalam kontes robot tingkat nasional

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Robot pemadam api “DOME” Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi yang tercepat di Kompetisi Robot Indonesia (KRI) Regional IV pada 21-23 April 2019 di Universitas Mataram. Tim yang digawangi Bayu Irawan Nugroho dan Dwi Nur Fajar berhasil mengalahkan pesaing terberatnya; Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Keberhasilan ini didapatkan setelah Robot "DOME" UMM mencatatkan akumulasi nilai waktu tercepatnya, yakni 1,16 di sesi pertama. Selanjutnya, 1,24 di sesi kedua serta 1,11 di babak berikutnya. Secara keseluruhan, robot karya anak bangsa sukses mengumpulkan nilai akhir 3,51.

Ketua tim, Bayu Irawan mengatakan,  robot pemadan api “DOME” UMM akan diundang untuk ikut serta dalam kontes robot tingkat nasional. Jika kembali mendapat raihan baik, UMM akan kembali mewakili Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2020 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Robot “DOME” UMM juga sekaligus mendapat capaian tim dengan Strategi Terbaik. Menurut Bayu, capaian ini karena konsep pada pemetaan (mapping) lintasan dari titik awal menuju titik Api.

“Strategi mapping kami enggak bertele-tele. Dari start langsung ke titik api dan kembali lagi ke start. Sementara tim lain harus mengecek ke ruangan kosong dulu,” katanya saat dihubungi Kamis (25/4).

Sebelumnya, Tim Robotik UMM baru saja mendapatkan raihan gemilang dalam gelaran Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Trinity College Hartford Connecticut, Amerika Serikat, 13-15 April 2019 lalu. Ketiga tim kebanggaan UMM dan Indonesia ini meraih juara pertama dan kedua untuk kategori robot pemadam api berkaki. Raihan juara dua juga diperoleh pada kategori robot pemadam api beroda.

Kontes robot tingkat dunia ini mempertandingkan 32 tim dari berbagai negara, seperti Israel, Tiongkok, dan lainnya. Mahasiswa Alfan Achmadillah Fauzi, Rohmansyah dan Ken Dedes Maria Khunty menjadi tiga Tim Robotik UMM yang ditunjuk menjadi perwakilan Indonesia. Mereka sebelumnya berhasil keluar sebagai juara nasional berdasarkan surat penugasan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Republik Indonesia no. T/274/B3.1/KM/02.04/2019.

Raihan di Amerika ini sekaligus mengulang sejarah prestasi yang sama di 2017. Dua tim Robotik UMM memborong juara I dan II sekaligus untuk kategori robot berkaki. Dua tim tersebut yaitu tim InaMuh sebagai juara pertama dan tim Unmuh Malang sebagai peringkat kedua. Tim InaMuh juga sempat meraih juara poster terbaik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA