Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Senat UNS Lakukan Pemilihan Wakil Rektor

Kamis 25 Apr 2019 13:28 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Periode 2019-2023, Jamal Wiwoho, memberikan sambutan di acara Serah Terima Jabatan di Auditorium UNS Solo, Senin (15/4).

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Periode 2019-2023, Jamal Wiwoho, memberikan sambutan di acara Serah Terima Jabatan di Auditorium UNS Solo, Senin (15/4).

Foto: Republika/Binti Sholikah
Empat nama terpilih sebagai Wakil Rektor yang mendampingi Rektor UNS Jamal Wiwoho.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Senat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melaksanakan pemilihan Wakil Rektor periode 2019-2023, dalam Sidang Senat Tertutup di Gedung Rektorat UNS, Rabu (24/4). Empat nama terpilih sebagai Wakil Rektor yang akan mendampingi Rektor UNS Jamal Wiwoho selama empat tahun ke depan.

Empat nama yang terpilih yakni, Yunus sebagai WR Bidang Akademik, Bandi sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kuncoro sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta Sajidan sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama.

Sebelumnya, Rektor UNS mengajukan 12 nama kepada Senat UNS untuk mendapatkan pertimbangan. Kemudian dilakukan pemilihan melalui sidang senat tertutup yang dihadiri 124 anggota senat dari 133 anggota Senat.

Rektor UNS Jamal Wiwoho menjelaskan, dalam Sidang Senat Tertutup, anggota Senat melakukan pemungutan suara untuk calon Wakil Rektor UNS. Terdapat tiga Calon Wakil Rektor UNS Bidang Akademik yakni Agus Kristiyanto dari Fakultas Keolahragaa memperoleh delapan suara, Ahmad Yunus dari Fakultas Pertanian memperoleh 111 suara dan Slamet Subiyantoro dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memperoleh lima suara.

Kemudian, tiga calon Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan yakni, Bandi dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) memperoleh 78 suara, Muhtar dari FKIP memperoleh 46 suara dan Hasan Fauzi dari FEB mengundurkan diri.

Selanjutnya, tiga calon Wakil Rektor UNS Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yakni, Kuncoro Diharjo dari Fakultas Teknik memperoleh 91 suara, Mangatur Nababan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) memperoleh dua suara dan Sapta Kunta Purnama dari FKOR memperoleh 31 suara.

Kemudian, tiga nama calon Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama yakni, Sajidan dari FKIP memperoleh 94 suara, Venty Suryani dari Fakiltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memperoleh 23 suara dan Wakit dari FIB memperoleh tujuh suara. Hasil pemilihan tersebut disampaikan kepada Rektor UNS sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan Wakil Rektor terpilih.

"Perolehan suara di Sidang Senat ini menjadi pertimbangan bagi saya untuk memilih Wakil Rektor. Di samping itu yang menjadi pertimbangan lain untuk saya memilih Wakil Rektor yaitu Curriculum Vitae yang bersangkutan, program kerja, tes kesehatan dan kemampuan manajerial," ujar Jamal, seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu malam.

Sesuai dengan jadwal pemilihan Wakil Rektor, pelantikan dan serah terima direncanakan dilaksanakan pada Jumat (26/4) di Auditorium UNS. Dalam Peraturan Rektor Nomor 7/UN27/KP/2019 tertanggal 4 Februari 2019 menyatakan 30 hari setelah pelantikan rektor maka harus sudah ada pemilihan wakil rektor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA