Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

ITB Gelar Festival Mahasiswa Bidikmisi

Ahad 24 Mar 2019 13:48 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

ITB Gelar Festival Mahasiswa Bidikmisi

ITB Gelar Festival Mahasiswa Bidikmisi

Foto: Zuli Istiqomah / Republika
Festival ini menyajikan talkshow inspiratif dan karya mahasiswa bidikmisi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Institut Teknologi Bandung menggelar festival Bidikmisi atau Bidik Misi Fair ITB 3.0 tahun 2019, Sabtu (23/3). Dalam gelarannya festival ini menyajikan talkshow inspiratif dan karya mahasiswa bidikmisi.

Ketua Pelaksana BM Fair ITB 3.0, M. Mahrus Ali mengatakan festival ini menjadi kali ketiga digelar ITB. Bidik Misi Fair diadakan sebagai bentuk apresiasi bagi kawan-kawan penerima bidikmisi. Lewat ajang ini diharapkan menjadi motivasi mahasiswa bidikmisi untuk lebih berprestasi.

"Teman-teman bidikmisi itu rata-rata malu mengatakan bahwa mereka mahasiswa bidikmisi. Ada stigma itu. Jadi malu berpretasi malu menjadi apa-apa. Makanya ini untuk membuktikan juga bahwa bidikmisi juga bisa berkarya. Bisa jadi orang-orang berpretasi," kata Mahrus di Aula Timur Kampus ITB.

Mahrua mengatakan mahasiswa bidikmisi tak berbeda dengan yang lainnya. Mereka sama-sama bisa berprestasi tak hanya di tingkat kampus bahkan juga level internasional.

Hal ini, kata dia, dapat dibuktikan dengan pemeran karya mahasiswa bidikmisi yang bahkan sudah diakui dunia. Ada karya tulis mahasiswa bidikmisi yang masuk dalam jurnal internasional.

"Kami buka tujuannya untuk memperkenalkan karya bidikmisi karena ada beberapa mahasiswa bidikmisi yang bikin alat sendiri, menang lomba-lomba. Kebanyakan tentang tekbologi, bisnis dan usaha produk dan ada juga tentang paper yang sudah terbit internaisonal," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, ia juga mengatakan ada kompetisi menulis essai dan kisah inspiratif yang terpilih 30 tulisan terbaik. Tulisan ini nantinya akan dijadikan buku kumpulan kisan inspiratif mahasiswa Bidikmisi dari berbagai perguruan tinggi Indonesia. Tak hanya itu, diadakan pula kompetisi foto dan video lewat media sosial, dimana kompetisi ini diperuntukan bagi mereka para beswan Bidikmisi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Jika sebelumnya kami hanya mengadakan talkshow dari tokoh-tokoh inspiratif nasional, kali ini kami mengadakan kompetisi yang tujuannya untuk menyebarluaskan kisah inspiratif teman-teman Bidikmisi ke berbagai wilayah di Indonesia. Buku ini nantinya akan disebarkan ke pulau 3T (terpencil, terluar, dan terjauh) melalui program Diseminasi Khusus Aku Masuk ITB dari Kabinet Mahasiswa ITB,” ujarnya.

Mengusung tema Empowering Milenials for Indonesia 2045, acara ini bertujuan untuk sharing motivasi serta apresiasi bagi para mahasiswa Bidikmisi yang selama ini sudah banyak melakukan inovasi serta berprestasi baik di bidang akademik mau pun non akademik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA