Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Marching Band UMM Juara Kompetisi Nasional

Jumat 22 Mar 2019 12:50 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani

Marching Band UMM Juara Kompetisi Nasional

Marching Band UMM Juara Kompetisi Nasional

Foto: Dok UMM
Tantangan terbesar Marching Band UMM ialah kepemilikan alat.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Marching Band Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menjadi juara dalam perhelatan kompetisi Delta Marching Open Festival Indonesia (DEMOFI) 16 sampai 17 Maret lalu. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang baru berdiri dua tahun ini, memborong banyak juara di berbagai mata lomba yang digelar di Gor Deltras Sidoarjo.

Beberapa gelar yang diperoleh di antaranya Juara 2 Brass Ensemble, Juara 2 Colour Guard Contest dan Juara 2 Individual Movement Analisys. Kemudian juga menjadi Juara 2 General Effect, Juara 2 Ensemble Analisys, serta Juara 2 Analisys Equipment. Tim Marching Band UMM menggeser dominasi pemenang ajang tahunan tingkat Nasional ini.

“Latihan kami cukup singkat, yakni dua bulan. Sejak Januari,” ungkap Trisna Harry salah satu pemain Brass.

Dalam kurun waktu itu, UKM Marching Band ini disiplin di setiap sesi latihan. Trisna lantas membagi cerita perjalanan Marching Band UMM sebelum menyabet juara di lomba yang diikuti peserta seluruh Indonesia.

Tantangan terbesar Trisna dan kawan-kawan ialah kepemilikan alat. Selama ini alat yang digunakan untuk latihan hingga perlombaan merupakan barang sewaan. “Kami masih sangat baru. Ketika kami mengajukan pengadaan alat, kami diminta untuk berprestasi terlebih dahulu oleh kampus,” tutur mahasiswa Manajemen ini melalui pesan resmi yang diterima Republika, Jumat (22/3).

Menurut Trisna, tantangan tersebut tentunya dirasa sangat sulit bagi mantan Ketua Umum pertama UKM ini. Pasalnya Marching Band harus terus berlatih, terlebih sebelum lomba tapi ketersediaan alat terbatas. Namun, tantangan kampus kepada Trisna dan kawan-kawannya mampu dijawab dengan prestasi gemilang.

Pada saat lomba, Juri terpukau dengan harmoni Brass dan gerakan Colour Guard atau penjaga bendera yang dimainkan oleh UKM Marching Band UMM. “Saat di lokasi, kami digadang-gadang akan menjadi salah satu Marching Band besar mendatang, tentu hal ini terus memotivasi kami,” ungkap mahasiswa angkatan 2014 ini.

Trisna melanjutkan, tidak ada hal yang tidak bisa diraih meski alasannya berupa terbatasan peralatan sekalipun. Ia juga berharap agar UKM Marching Band dapat terus berprestasi dan tentunya mengaharumkan nama UMM di setiap kompetisi. “Semua bisa, asalkan ada niatan besar dan mau bergerak,” katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA