Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sosialisasi ASEAN di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Rabu 20 Mar 2019 20:14 WIB

Rep: Rifdah Syifa/ Red: Hiru Muhammad

Penyerahan cendramata oleh Ketua Dema FAH Muhammad Faisal Sila kepada Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Sekretariat ASEAN Romeo Arca Jr. Acara itu  berlangsung di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (17/3).

Penyerahan cendramata oleh Ketua Dema FAH Muhammad Faisal Sila kepada Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Sekretariat ASEAN Romeo Arca Jr. Acara itu berlangsung di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (17/3).

Foto: dok. Istimewa
Diharapkan kerjasama ini bisa dikembangkan lagi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (DEMA FAH) Universitas Islam Nasional (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan seminar internasional yang bekerjasama dengan organisasi ASEAN. 

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (DEMA FAH) Muhammad Faisal mangharapkan melalui kegiatan tersebut  mahasiswa dapat lebih mengenal ASEAN.

"Kita ingin mengenalkan di regional kita banyak opportunity, banyak scholarship, dan sebagainya, " ujar Faisal di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah, Senin (18/3).

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Sekretariat ASEAN Romeo Arca Jr menyebut tujuan ASEAN datang ke kampus itu untuk mengenalkan kepada anak muda tentang informasi-informasi seputar ASEAN. Ia menekankan pada perkembangan ASEAN dalam bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. 

Romeo mencontohkan Go-Jek  yang sudah berkembang ke sejumlah negara seperti Vietnam, Singapura, dan lainnya. "Mereka telah melihat kesempatan yang tersedia untuk mereka," katanya.

Acara tersebut dihadiri sekitar 500 peserta dari berbagai fakultas. Wakil Ketua Dema FAH Resti Yolanda berharap agar peserta dapat mengambil informasi sebanyak mungkin minimal seputar jurusannya. "Disini kita membahas berbagai isu yang terjadi di ASEAN. Apalagi isu yang dibahas itu tentang agrikultur yang memang lagi marak," ujar Resti.

Selain itu, juga dibahas beasiswa yang tersedia di ASEAN. Untuk itu, Sekretariat ASEAN membuka stand ASEAN Corner Foundation untuk mahasiswa yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ASEAN, khususnya info beasiswa.

Dua peserta yang hadir Reza Anis dan Alfi Syahrina mengaku sangat senang hadir dalam seminar itu.  Anis, mengaku mendapat banyak informasi tentang isu-isu di ASEAN dan juga program khusus untuk generasi muda yang disediakan ASEAN. “Intinya tercerahkanlah dengan acara ini,” ujar Anis. 

Alfi, juga mengaku puas setelah mengikuti seminar tersebut. “Selama ini tahu tentang ASEAN hanya di permukaannya saja, gak sampai ke spesifiknya,” ujar Alfi.

Romeo juga mengaku sangat bangga terhadap antusiasme mahasiswa yang hadir. Menurutnya, peserta yang hadir memiliki wawasan yang cukup luas. "Yang saya lihat, mereka juga mencari tahu apa yang sedang terjadi di luar Indonesia," kata Romeo.

Ketua Pelaksana acara itu Muhamad Paisal Syahri menyebut agar Sekretariat ASEAN dapat bekerjasama lebih lanjut lagi dengan Dema FAH. "Semoga aja dengan terbukanya gerbang komunikasi antara fakultas (Adab dan Humaniora) dan UIN dengan ASEAN kedepannya bisa bekerja sama lebih baik," ujar Paisal.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA