Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Amikom Yogyakarta Raih Prestasi di IT Fest

Senin 18 Mar 2019 17:22 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Tim Amikom Computer Club (AMCC) bersama peraih juara di IT Fest USU 3.0 2019.

Tim Amikom Computer Club (AMCC) bersama peraih juara di IT Fest USU 3.0 2019.

Foto: Dokumen.
Tim AMCC mempresentasikan produk aplikasi yang berguna mengelola sampah rumahan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 30 perguruan tinggi bersaing dalam IT Fest USU 3.0 2019 yang digelar di Universitas Sumatra Utara. Pada kesempatan itu, Universitas Amikom Yogyakarta berhasil menuai prestasi dengan meraih juara kedua.

IT Fest jilid ketiga itu merupakan agenda rutin Fakultas Ilmu Komputer USU. Gelaran itu menghadirkan beberapa cabang kompteisi mulai application development, busniess IT case, UI/UX design, dan competitive programming.

Tahun ini, IT Fest USU mengusung tema Integrated Creation for Society. Pada putaran final, kompetisi dihadiri 20 tim dari berbagai cabang kompetisi yang telah melewati dua tahap seleksi selama tiga bulan sejak Desember 2018.

Universitas Amikom Yogyakarta mengirimkan Tim Amikom Computer Club (AMCC) untuk cabang kompetisi application development. Mereka berhasil melaju ke babak final bersama lima tim lain.

Ada Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya, Politeknik Bandung, dan Universitas Negeri Lampung. Kelima finalis berhasil menyisihkan tidak kurang 20 tim dari berbagai perguruan tinggi.

Pada babak final, Tim AMCC mempresentasikan produk aplikasi yang berguna untuk mengelola sampah rumahan bernama Matrash. Produk yang masih tahap pengembangan ini sudah melalui riset dan validasi pasar.

"Serta, pendampingan yang dilakukan Universitas Amikom Yogyakarta secara intensif selama dua bulan," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta, Achmad Fauzi, Senin (18/3).

Dari enam tim yang melaju ke babak final, Tim AMCC berhasil menjadi juara dua. Raihan itu didapat usai mengalahkan salah satu tim dari ITB yang pada gelaran kali ini harus puas di peringkat ketiga.

Saat ini, produk yang dibuat Tim AMCC sedang dalam tahap pengajuan hak kekayaan intelektual (haki). Tujuannya, agar dapat terus dikembangkan dan menjadi produk yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA