Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Mahasiswa UMM Buat Aplikasi Cerdas Pengasuhan Anak

Rabu 30 Jan 2019 15:44 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Kekerasan Anak

Ilustrasi Kekerasan Anak

Foto: Foto : MgRol112
Aplikasi Ed-Parents berawal dari kekerasan pada anak yang dilakukan orang tua.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat aplikasi cerdas mengasuh anak yakni aplikasi 'Ed-Parent'. Aplikasi berbasis Android garapan sekelompok mahasiswa ini dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional yang dilangsungkan di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (STIKI) Malang, pekan lalu.      

Siti Mubasiroh, Ketua Kelompok pembuat aplikasi EdParent tersebut berharap bisa mengikuti kompetisi serupa di tempat lain. "Ke depannya saya ingin meningkatkan level perlombaan," kata Siti.

Selain Siti Mubasiro, mahasiswa lain yang tergabung dalam kelompok itu adalah Chano Paramita mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Muhammad Fitrah Asyari Bangun mahasiswa Manajemen. Ketiganya adalah mahasiswa angkatan 2017.

Tanda Anak Mendapat Perundungan di Sekolah

Aplikasi yang dibuat ketiga mahasiswa tersebut akan tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Play Store. Aplikasi Ed-Parents berawal dari banyaknya kasus kekerasan pada anak yang dilakukan oleh keluarga dan pengasuh.

Berdasarkan catatan Komisi Perlindungan Anak (KPAI), pada tahun 2011-2016, ada 4.294 kasus kekerasan pada anak dilakukan oleh keluarga dan pengasuh. Laporan Global Report 2017 Ending Violence in Childhood juga menyebutkan bahwa 73,7 persen anak Indonesia berumur 1-14 tahun mengalami pendisiplinan dengan kekerasan atau agresi psikologis dan hukuman fisik di rumah.

Tak heran ini berdampak negatif pada kesehatan mental anak. Selain itu, juga berdampak pada karakter yang terbentuk pada diri anak. Dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat merekontruksi generasi bangsa menjadi generasi yang berkarakter dan bermoral sehingga terwujudnya revolusi mental di era perkembangan teknologi saat ini.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA