Selasa 29 Jan 2019 19:18 WIB

Kampus Harus Siapkan SDM Unggul yang Berjiwa Pancasila

karakter Pancasilais juga mesti diperkuat agar tidak tergerus oleh kemajuan teknologi

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Garuda Pancasila
Garuda Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lembaga pendidikan dituntut terus bertransformasi dan berinovasi untuk siap menghadapi era revolusi industri 4.0. Kendati demikian, karakter Pancasilais juga mesti diperkuat agar tidak tergerus oleh kemajuan teknologi.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Yayasan Trisakti Djanadi Bimo Prakoso. Menurut  Bimo, saat ini lembaga pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berjiwa pancasila.

 

“Menanamkan karakter Pancasilais itu sangat amat penting. Agar anak tidak hanya cerdas tapi juga berkarakter,” kata Bimo kepada Republika, Selasa (29/1).

Begitupun halnya dengan Yayasan Trisakti. Menurut Bimo, semua lembaga pendidikan di bawah naungan Trisakti secara rutin melakukan apel khusus penguatan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, dalam proses belajar mengajar pun nilai-nilai luhur Pancasila selalu ditanamkan kepada semua anak didik.

“Kita selalu ajarkan toleransi, tanamkan kebhinnekaan, menghargai penghargaan pendapat, tenggang rasa dan lainnya. Itu kami coba tanamkan, praktikkan dalam setiap proses pembelajaran,” jelas Bimo.

Selain itu, kata Bimo, menginjak usia 53 tahun, Yayasan Trisakti juga tengah menyiapkan sistem pembelajaram secara daring atau online learning di lembaga pendidikan tinggi Trisakti. Selama ini di Trisakti baru beberapa program studi yang sudah membuka sistem online learning seperti program studi manajemen. Karenanya dia menargetkan dalam waktu dekat, sistem online learning akan segera dibuka untuk program studi lain.

“Saat ini mahasiswa Trisakti sudah ribuan. Jika nanti dibuka sistem belajar secara daring akan semakin banyak mahasiswa yang bisa belajar di Trisakti. Itu artinya angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi juga bisa naik,” harap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement