Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

UIN Suka Lembaga Publik Berbahasa Indonesia Terbaik

Rabu 26 Dec 2018 17:40 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Nashih Nashrullah

Kampus UIN Sunan Kalijaga.

Kampus UIN Sunan Kalijaga.

Foto: Yusuf Assidiq.
Penghargaan ini upaya menggali potensi bahasa Indonesia di segala bidang.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta menerima penghargaan sebagai lembaga publik berbahasa Indonesia terbaik perguruan tinggi dalam ajang penghargaan Bahasa dan Sastratama Prayojana 2018. 

Penghargaan diterima dari Balai Bahasa DIY sebagai Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Badan pengembangan dan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).  

Kepala Balai Bahasa DIY, Pardi Suratno mengatakan, penghargaan Bahasa dan Sastratama Prayojana 2018 ini diberikan emendikbud melalui Balai Bahasa DIY. Penghargaan ini diberikan dalam beberapa kategori. 

Kategori tersebut di antaranya, kategori tokoh publik, lembaga publik, media komunikasi dan informasi instansi dengan penggunaan bahasa Indonesia terbaik, buku berbahasa jawa, buku sastra serius, dan buku sastra populer. 

"Penghargaan didapat setelah melalui penilaian penggunaan bahasa Indonesia dari produk-produk informasi dan publikasi, serta produk akademik seperti jurnal ilmiah, buku wisuda, tata persuratan, penerbitan kampus, spanduk, baliho, web, medsos dan lain-lain," kata Pardi dalam keterangan persnya kepada Republika.co.id, Rabu (26/12).  

Menurut Pardi, melalui tema Prayojana ini diharapkan bangsa Indonesia lebih menghargai dan bangga terhadap bahasa Indonesia. Selain itu juga terus menggali potensi peggunaan bahasa Indonesia yang baik di semua bidang. 

Rektor UIN Suka, Prof Yudian Wahyudi berharap penghargaan ini menjadi cambuk untuk terus menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan kampus. 

Sebab, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat mendukung terhadap upaya membangun citra UIN Suka baik di tingkat nasional maupun global. 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA