Kamis 13 Dec 2018 13:29 WIB

BRI Rangkul Mahasiwa Kembangkan UMKM

Mahasiswa berpotensi terjun mendongkrak perekonomian bangsa.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi Rumahorbo (kanan) menjadi pemateri dalam acara Forum Leader Talks yang bertemakan ‘Akselerasi UMKM Melalui Digital Banking BRI’ di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Kota Bandung, Rabu (12/12).
Foto: Istimewa
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi Rumahorbo (kanan) menjadi pemateri dalam acara Forum Leader Talks yang bertemakan ‘Akselerasi UMKM Melalui Digital Banking BRI’ di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Kota Bandung, Rabu (12/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) giat merangkul mahasiswa untuk terjun mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Upaya itu menjadi topik acara Forum Leader Talks yang bertemakan ‘Akselerasi UMKM Melalui Digital Banking BRI’ di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Kota Bandung, Rabu (12/12). 

Forum Leader Talks kali ini menghadirkan Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi Rumahorbo sebagai narasumber. Kegiatan tersebut sengaja diselenggarakan BRI bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, dan BUMN Center of Excellence Unpad.

Di hadapan peserta yang merupakan mahasiswa, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi Rumahorbo mengatakan, saat ini UMKM menjadi salah satu sektor yang memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, termasuk di era teknologi digital. Untuk itu, tutur dia, adopsi digital banking menjadi sangat penting dengan tujuan menunjang aktivitas ekonomi.

‘’Digital banking juga dapat mendekatkan layanan perbankan pada sektor UMKM,’’ ujar Osbal. Dirinya memandang peran mahasiswa sangat strategis untuk terlibat dalam mengembangkan sektor UMKM.

photo
CSR BRI

Kata Osbal, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kampusnya ke dalam sektor UMKM, lalu secara bertahap mengembangkannya. Dengan demikian, sambung dia, ilmu yang sudah dipelajari menjadi sangat bermanfaat.

Yang terpenting,menurut Osbal, dengan terjunnya mahasiswa ke sektor UMKM dapat membuka peluang untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa. Digital banking, tutur dia, merupakan salah satu infrastruktur pendukung yang dimiliki oleh lembaga perbankan.

Melalui digital banking, layanan yang dimiliki oleh Bank BRI akan semakin dekat kepada para nasabahnya, termasuk mereka yang aktif mengembangkan sektor UMKM. Hal ini semakin mempermudah UMKM untuk memperolah layanan perbankan Bank BRI tanpa harus selalu mengunjungi kantor cabang.

Dalam rangkaian acara Leader Talks tersebut, Bank BRI juga menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa fasilitas dan prasaranan pendidikan. Selain itu, diserahkan juga Beasiswa Cerdas Bank BRI 2018. 

Bank BRI bersama Universitas Padjadjaran juga menandatangani Perjanjian Kerjasama Implementasi Transaksi Cashless. Tujuannya, yakni untuk mendorong program cashless society di kalangan mahasiswa dan sivitas akademika yang ada di Unpad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement