Senin 12 Nov 2018 15:43 WIB

Jumlah Mahasiswa Indonesia Masih Sedikit

Jumlah mahasiswa di Indonesia mencapai 7,5 juta orang.

Mahasiswa. (ilustrasI)
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Mahasiswa. (ilustrasI)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengatakan total jumlah mahasiswa di Indonesia mencapai 7,5 juta orang. Jumlah ini terbilang masih kecil dibandingkan dengan populasi usia pendidikan di Tanah Air.

"Jumlah mahasiswa seluruh Indonesia itu mencapai 7,5 juta. Jumlah ini masih kecil dibandingkan dengan usia pendidikan kita," kata Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Kemenristekdikti Misbah Fikrianto pada acara seminar nasional di Gedung Ristek Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin (12/11).

Ia menjelaskan, mahasiswa untuk pendidikan S1 rata-rata berusia diantara 19-23 tahun dengan tingkat populasi 80 hingga 107 juta. Sementara yang mendapatkan layanan pendidikan tinggi hanya sebanyak 7,5 juta yang artinya masih jauh atau mencapai sekitar 32,9 persen.

"Jadi jangan lihat jumlahnya namun berapa populasi. Bisa juga dibandingkan dengan negara lain yang justru jauh lebih besar," katanya saat mewakili Menristekdikti Mohamad Nasir yang berhalangan hadir pada seminar nasional bertajuk "Era Four Point Zero, Pendidikan Tinggi hari ini.

Ia menjelaskan, Presiden Joko Widodo juga telah mencanangkan investasi sumber daya manusia (SDM) pada 2019. Dan ini tentunya memberikan peran yang strategis bagi perguruan tinggi untuk menjadikan kampus mereka sebagai tempat untuk berinvestasi demi kemajuan bangsa dan negara kedepan.

"Dan untuk itu saya memberikan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa karena tidak ada lagi jenjang pendidikan yang lebih tinggi selain pendidikan tinggi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement