Kamis 01 Nov 2018 08:07 WIB

Majukan Pendidikan, Pemkot Sukabumi Kerja Sama dengan UI

Kerjasama meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani
Universitas Indonesia
Foto: asianranking.com
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan dengan Universitas Indonesia (UI). Langkah tersebut dilakukan untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Penandatanganan nota kesepakatan bersama (NKB) dilakukan dalam momen I-Gov (Industry-Government) UI Expo 2018 di Balairung Kampus UI Depok, Rabu (31/10). Dalam kesempatan tersebut hadir Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis.

"Pemkot Sukabumi dan Universitas Indonesia melakukan nota kesepakatan bersama (NKB)," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan Kamis (1/11).

Langkah ini bertujuan untuk melakukan kerjasama awal di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh kedua pihak. Menurut Fahmi, ada lima ruang lingkup dalam kerjasama dengan UI tersebut. Pertama penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan.

Kedua penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya. Ketiga penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya. Ke empat peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan terakhir kegiatan lain yang disepakati Pemkot Sukabumi dan UI.

Fahmi berharap dengan adanya kolobarasi bersama dengan UI ini dapat memberikan dampak positif bagi Kota Sukabumi. "Sehingga mampu mendorong percepatan pembangunan yang sedang dinantikan masyarakat," imbuh dia.

Hal ini juga ungkap Fahmi sejalan dengan visi Pemkot Sukabumi yakni mewujudkan masyarakat yang religius, nyaman, dan sejahtera (Renyah). Selain itu mendorong pencapaian misi yakni mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif dan berbudaya serta memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi berbasis ketahanan keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement