Jumat 28 Sep 2018 15:47 WIB

UIN Sunan Kalijaga Kirim 12 Mahasiswa Riset ke Luar Negeri

PPL BKI Internasional tahun ini merupakan kegiatan kedua kalinya.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UIN Sunan Kalijaga.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UIN Sunan Kalijaga.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Minat mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan riset di luar negeri terus meningkat. Tahun ini, 12 mahasiswa yang dikirim ke tiga lokasi berbeda di Malaysia.

"Tiga orang mahasiswi di Yayasan Pondok Pesantren Al Jenderami, empat mahasiswi di Bagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia, dan lima mahasiswa di Majlis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Suka, Waryono.

Ia mengungkapkan, kegiatan PPL internasional ditujukan untuk meningkatkan keterampilan konseling bagi mahasiswa calon konselor sekaligus mendorong penguasaan bahasa Inggris. Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di lingkungan global.

"Kami berharap mahasiswa ini bisa menjadi role model bagi mahasiswa di kampus ini untuk mempunyai wawasan luas sesuai bidang keahliannya. Mungkin tahun ini mereka bisa berkomunikasi dan berperan di lingkup ASEAN, ke depan bisa sampai benua Eropa atau Amerika," jelasnya.

Ketua Prodi BKI, Said Hasan Basri, mengatakan kegiatan PPL BKI Internasional tahun ini merupakan kegiatan kedua kalinya. Pada 2017, UIN Suka juga memberangkatkan tiga orang mahasiswi PPL Internasional di Aljenderami, selama satu bulan penuh.

"Mereka akan melakukan praktik konseling sekaligus melakukan penelitian untuk tugas akhir skripsi di tempat mereka PPL," kata Said.

Said menambahkan, kegiatan ini sebagai ajang berbagai informasi dan pengetahuan serta pengembangan kompetensi melalui pengalaman internasional. Bahkan, lanjutnya, melalui program ini UIN Suka berhasil menjaring mahasiswa baru dari Thailand dan Malaysia yang tertarik untuk masuk di Prodi BKI.

“Ke depan PPL Internasional ini akan dilaksanakan di dua negara yakni Thailand dan Malaysia. Di Thailand sudah mendapat lokasi baru di daerah Pattani sedangkan di Malaysia lokasinya tetap. Harapan kami tahun depan akan bertambah mahasiswa yang ikut progam PPL Internasional,” ujar Said.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement