Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Dua Jurnal UMP Raih Akreditasi Sinta

Senin 03 Sep 2018 18:26 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: wordpress.com
Nilai akreditasi itu tercantum dalam hasil Akreditasi Berkala Ilmiah Periode I 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dua jurnal yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, yakni Agritech Fakultas Pertanian dan Islamadina Fakultas Agama Islam (FAI), mendapatkan akreditasi versi Science and Technology Index (Sinta) dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Nilai akreditasi untuk kedua jurnal tersebut tercantum dalam hasil Akreditasi Berkala Ilmiah Periode I Tahun 2018 dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 21/E/KPT/2018.

Dari hasil akreditasi, jurnal Agritech memiliki nilai akreditasi Sinta peringkat 4 (S4). Sedangkan jurnal Islamadina, mendapat indeks akreditasi peringkat 5 (S5). Ketua Lembaga Publikasi dan Penerbitan Ilmiah (LPIP) UMP Dr Sriyanto, menyampaikan  jurnal Agritech merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah bidang pertanian dalam arti luas.

''Jurnal ini berisi hasil penelitian dan informasi lain yang bersifat inovatif-produktif. Jurnal Agritech diterbitkan dua kali setahun pada Juni dan Desember,'' jelasnya, Senin (3/9).

Sedangkan jurnal Islamadina, menurut Sriyanto, sudah terbit sejak 2002. Jurnal ini mempublikasikan karya akademik dengan memfokuskan kajian pemikiran Islam terkait sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang progresif dan mencerahkan. ''Jurnal Islamadina juga terbit dua kali setahun,'' katanya.

Selain kedua jurnal tersebut, Sriyanto menyebutkan, saat ini pihaknya juga sedang menyiapkan beberapa jurnal lainnya untuk mendapat akreditasi. ''Semoga ke depan akan lebih banyak jurnal dari UMP yang mendapat akreditasi.''

Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP, Dr Anjar Nugroho, sejak beberapa tahun terakhir, UMP memang terus berupaya meningkatkan akreditasi hampir di semua sektor yang bisa mendapat akreditasi. ''Seperti untuk institusi UMP, kami juga sedang bersiap agar akreditasi institusi UMP bisa ditingkatkan dari B ke A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,'' katanya.

Dia menyatakan, saat ini hampir semua prodi dan lembaga telah mendapat akreditasi. Bahkan banyak di antaranya yang sudah terakreditasi A. ''Secara keseluruhan, semua prodi di UMP yang berperingkat B gemuk sedang giat mempersiapkan diri untuk terakreditasi A,'' jelas dia.

Menurutnya, UMP saat ini memiliki 386 dosen, lima orang di antaranya profesor, 46 doktor/PhD, dan 311 magister. ''UMP saat ini juga sedang menugaskan 72 dosen untuk studi lanjut S3,'' ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA