Senin 06 Aug 2018 15:39 WIB

Lulusan Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA Siap Berkompetisi

Dibekali berbagai keilmuan kepariwisataan dan kebahasaan sebagai bekal untuk bekerja.

Sejumlah mahasiswa prodi Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA, Bandung
Sejumlah mahasiswa prodi Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Di era globalisasi dewasa ini bahasa asing merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, terutama untuk menghadapi tantangan pasar global. Salah satu bahasa asing yang kini banyak diminati adalah bahasa Prancis. Bahasa Prancis merupakan bahasa asing yang memiliki banyak penutur. Bahasa yang termasuk dalam rumpun bahasa Latin ini menduduki posisi kedua setelah bahasa Inggris di dunia.

Menurut OIF (Organisasi Internasional Negara Frankofoni), tidak kurang dari penduduk di 84 negara di seluruh dunia yang menuturkan bahasa Prancis. Bahasa Prancis juga merupakan salah satu dari enam bahasa resmi PBB. Yaitu bahasa Arab, China, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol.  Salah satu perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Bahasa Prancis adalah STBA Yapari-ABA yang terletak di Jalan Cihampelas, Bandung.

Prodi Bahasa Perancis STBA Yapari-ABA memiliki beberapa program unggulan untuk mendukung usaha kepariwisataan yang saat ini sedang dibutuhkan di Indonesia. ''Mahasiswa yang berkuliah di Prodi Bahasa Perancis dibekali berbagai keilmuan kepariwisataan dan kebahasaan sebagai bekal untuk bekerja,'' ungkap Ketua prodi Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA, Dra. Lina Syawalina, Dipl. CIFR, M.Pd. dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (6/8).

photo
Ketua prodi Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA, Dra. Lina Syawalina, Dipl. CIFR, M.Pd (kanan) serta beberapa dosen STBA Yapari-ABA, Bandung jurusan Bahasa Prancis.

Selain itu menurut Lina,  terdapat program PLP (Praktik Lapangan Kepariwisataan) yang juga diberikan kepada mahasiswa semester enam. Lulusan Prodi Bahasa Prancis dapat bekerja di bidang kebahasaan, seperti penerjemah atau interpreter; di bidang kepariwisataan seperti pemandu wisata,  agen perjalanan wisata; wirausahawan; bekerja di kedutaan atau organisasi internasional dan masih banyak lagi. 

Dikatakan Lina, beberapa lulusan Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA Bandung, kini tengah mengikuti pendidikan lanjutan program beasiswa Master di Universitas di Montpellier, beasiswa musim  panas  ( Cours d' été) di CUFLE ( Centre Universitaire de Français Langue étrangère ) , IUAP -FLASH (Faculté des Lettres, Arts et Sciences Humaines)  Université de la Rochelle Prancis  dan Institut Universitaire Asia-Pasifique.

Salah seorang alumni Prodi Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA yang kini bekerja di KBRI di Paris, Albar Rialdo S. mengungkapkan bahwa para dosennya sangat berkompeten serta suasana belajar yang sangat nyaman. ''Selain itu, saya juga mendapatkan pengalaman berorganisasi selama kuliah,'' ungkap Albar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement