Selasa 31 Jul 2018 12:33 WIB

Kampus IPB Masuk Peringkat 100 PT Terbaik di Dunia

IPB juga mendapat penghargaan Perguruan Tinggi Peringkat 1 Kriteria SDM

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Trofi dan Piagam Penghargaan diserahkan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Dr. Muhammad Dimyati didampingi Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual kepada Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Arif Satria.
Foto: Dok IPB.
Trofi dan Piagam Penghargaan diserahkan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Dr. Muhammad Dimyati didampingi Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual kepada Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Arif Satria.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil masuk peringkat 100 Perguruan Tinggi Terbaik di dunia versi QS World University Ranking. Prestasi ini diraih di tahun 2018 dengan subjek Agriculture and Forestry.

"Alhamdulillah tahun 2018 ini lembaga pemeringkatkan internasional QS mengumumkan bahwa IPB menjadi salah satu dari 100 Perguruan Tinggi terbaik di dunia," ujar Rektor IPB Arif Satria dalam keterangan tertulis yang didapat Republika, Selasa (31/7).

Selain tingkat internasional, di skala nasional IPB mampu meraih peringkat ke-3 Klusterisasi PTN Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Prestasi lainnya didapat dari Anugerah Widyaphadi Peringkat 1 Nasional. Prestasi ini diraih atas upaya IPB dalam mengembangkan inovasi dan komersialisasi inovasi.

"IPB juga mendapat penghargaan Perguruan Tinggi Peringkat 1 Nasional Kriteria SDM selama dua tahun bertahun-tahun," lanjut Arif.

Tidak berhenti disitu, di semester satu 2018 ini IPB pun meraih anugerah Peringkat I PTN-BH dengan Rapor Terbaik dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan, Anggaran Tahun 2017. Serta Peringkat III Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 Kategori Publisitas dari Kemenristekdikti, dan Peringkat III atas Keterbukaan Informasi Publik.

"Awal bulan Juli ini IPB mendapat penghargaan Mitra Peneliti Asing Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri," ucap Rektor IPB.

Inovasi-inovasi yang dilakukan IPB untuk semakin mengembangkan kampus hijau ini pun terus berlanjut. Salah satunya dengan membuka tiga kelas internasional sebagai wujud menuju World Class University.

Prestasi internasional IPB pun patut diperhitungkan. Salah satunya melalui prestasi mahasiswanya yaitu Agriaswara yang menyabet penghargaan 1st Prize Kategori Mixed Choir dalam 54th International Montreux Choral Festival di Swiss.

Di tingkat nasional, mahasiswa IPB meraih penghargaan sebagai Peringkat Ke-2 Mahasiswa Berprestasi Nasional Program Sarjana dan Finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional Program Diploma.

"Prestasi-prestasi ini semakin memperkuat IPB dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Namun kita juga akan selalu mempersiapkan diri dan berjuang mencapai prestasi yang lebih tinggi serta menjawab tantangan di masa depan," ujar Arif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement