Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Undip Terima Hafiz Quran Melalui Jalur SBUB

Ahad 15 Jul 2018 14:00 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Hafil

Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip)

Foto: undip.ac.id
Dari tahun ke tahun, peminat SBUB terus bertambah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Universitas Diponegoro (Undip) pada 2018 ini menerima sebanyak 119 calon mahasiswa dari sebanyak 841 peminat jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Ke-119 calon mahasiswa merupakan mereka yang berprestasi untuk bidang seni, olahraga, sains dan teknologi (saintek) serta mereka yang hafiz (penghafal) Alquran, minimal di tingkat propinsi.

Wakil Rektor Undip Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Zaenuri mengatakan, jalur SBUB untuk menampung calon mahasiswa yang berprestasi untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Undip. Tahun 2018 ini, merupakan tahun ketiga bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Jawa Tengah ini dalam melaksanakan seleksi calom mahasiswa menggunakan jalur SBUB ini.

Undip juga telah melakukan proses dan tahapan seleksi jalur SBUB ini dengan cermat, ketat, selektif serta tidak asal gegabah dalam mememutuskan mereka yang lolos.

Dari tahun ke tahun peminatnya pun terus bertambah, termasuk mereka yang hafiz Alquran. "Alhamdulillah tahun ini ada 119 calon mahasiswa yang berprestasi dari bidang seni, olahraga,  saintek dan hafiz," jelasnya, Ahad (15/7).

Zaenuri menambahkan, Undip juga telah melaksanakan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri (UM) dengan kuota 30 persen dari total jumlah penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2018/ 2019 ini.

Proses UM tersebut, jelasnya, sudah dilaksanakan akhir pekan kemarin dan digelar secara serentak di 21 kota/ kabupaten dari berbagai daerah di tanah air.

Tercatat sebanyak 31.610 peserta telah mengikuti proses seleksi melalui jalur UM ini, guna memperebutkan sisa 30 persen kuota untuk masuk menjadi mahasiswa Undip.

Angka 31.610 peserta ini juga menunjukkan angka minat calon mahasiswa untuk masuk Undip melalui jalur UM semakin diminati, dari tahun ke tahun.  Pada seleksi jalur UM Undip tahun 2016, tercatat diikuti sebanyak 21.358 calon mahasiswa (peserta). Jumlah ini meningkat menjadi 26.186 peserta pada UM tahun 2017.

"Jika tahun ini seleksi melalui jalur UM Undip ini diikuti oleh 31.610 peserta, maka ada peningkatan jumlah peminat hingga 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Zaenuri.

Ia menambahkan, secara umum pada tahun akademik 2018/ 2019 ini, Undip telah menerima sebanyak 5.617 calon mahasiswa. "Rinciannya sebanyak 2.929 calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN, 3.569 calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN dan 119 calon mahasiswa dari jalur SBUB," katanya.

Terpisah, Kepala Humas dan Media Undip, Nuswantoro Dwiwarno menambahkan, ada beberapa indikator yang mendorong peningkatan jumlah peminat untuk masuk Undip.

Antara lain karena faktor prestasi para dosen dan mahasiswa, yang menunjukkan peningkatan di tingkat nasional dan internasional dalam beberapa tahun ini.

Selain itu juga capaian akreditasi A bagi sebagian besar Program Studi (prodi) yang ada di Undip. "Termasuk karena kenyamanan Kota Semarang sebagai ibukota propinsi yang tenang dan relatif tak banyak gejolak” katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA